Pemkot Jambi Kembali Terima Bantuan Penanganan Covid-19

By Maas, SH 17 Nov 2020, 07:17:07 WIB KOTA
Pemkot Jambi Kembali Terima Bantuan Penanganan Covid-19

Keterangan Gambar : Pemkot Jambi terima batuan penanganan Covid-19


Mediajambi.com – Lagi-lagi, Pemkot Jambi kembali menerima bantuan berbagai peralatan yang diperuntukkan pasien maupun penanganan Covid-19 Kota Jambi. Bantuan ini pun diberikan oleh Temasek Foundation Singapura secara virtual di raugn Pola Kantor Wali Kota Jambi, Senin (16/11) kemarin.

Adapun bantuan yang diberikan kali ini seperti 20 alat oksigen konsentrator, yang biasa digunakan  untuk memberikan oksigen tambahan bagi pasien dengan penyakit paru obstruktif kronik maupun pasien Covid-19 dan dalam konsentrasi oksigen yang lebih tinggi.

Selain itu juga, Temasek Foundation Singapura kembali memberikan 5 ribu reagent atau alat pereaksi kimia untuk melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) di Kota Jambi. Kata Fasha, alat oksigen konstrator ini akan dibagiakan baik Rumah Sakit Abdul Manap Kota Jambi maupun Puskesmas rawat inap di Kota Jambi.

“Ini merupakan bantuan yang kelima kita terima, dan akan kita gunakan sendiri untuk melakukan uji swab kepada masyarakat. Insya Allah, bulan depan sudah bisa secara drive thru,” sebut Walikota Jambi, Syarif Fasha.

Sementara untuk alat PCR nya sendiri, dirinya mengatakan, akan meminta kepada pihak swasta di Kota Jambi untuk menyediakan atau membelinya. 

“Harganya 6 kali lipat berbeda. Maka dari itu kita minta dari CSR pelaku usaha untuk membelinya ke luar negeri. Sebab kita pemda tidak diperbolehkan untuk membeli langsung ke luar negeri. Pihak swasta yang bisa langsung membelinya ke luar negeri,” jelas Fasha.

Lebih lanjut, bantuan dari temasek Foundation Singapura tersebut akan bertolak dari Singapura pada hari ini, melewati Batam kemudian Pelabuhan Roro Kuala Tungkal.

“Kita tentu berterima kasih dengan bantuan ini. Semoga ini bermanfaat, besok (hari ini,red) akan dikirimkan dan sudah ada tim yang menunggu nanti di Kuala Tungkal,” bebernya.

Perlu diketahui, sebelum Pemkot Jambi telah menerima bantuan 10 ribu reagen PCR, konsentrat hand sanitizer, 30 ribu masker, dan alat buff ventilator non in piercing. Bantuan ini juga tak terlepas dari kerja sama yang dibangun baik oleh kedua pemerintahan. (Yen)