Perdana, Kopi Kerinci di Ekspor Melalui Pelabuhan Talang Duku

By Maas, SH 28 Jul 2020, 17:14:52 WIB PERTANIAN
Perdana,  Kopi Kerinci di Ekspor Melalui Pelabuhan Talang Duku

Mediajambi.com - Sebanyak 15,9 ton kopi Kerinci diekspor perdana melalui Pelabuhan Talang Duku Jambi menuju Belgia, Selasa (29/7). Pelepasan dilakukan oleh Gubernur Jambi, H Fachrory Umar didampingi Bupati Kerinci, Adi Rozal juga para petani kopi, eksportir, dan calon eksportir.

Gubernur mengatakan potensi kopi di Jambi sangat beragam dan memiliki keistimewaan masing masing. Dan gubernur mengaku tidak setuju jika kopi yang dihasilkan lalu di pasarkan menggunakan nama daerah lain. Dia menyambut baik eskpor ini dan berharap bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

Ketua Koptan Kerinci Barokah, Triyono mengatakan ekspor ditujukan ke pasar Eropa, tepatnya negara Belgia. Ekspor Kopi Arabika Koerintji terdiri atas grade perlakuan Natural, Washed, Honey, Anaerobic Natural dan Anaerobic Honey. Saat ini pihaknya juga telah mempersiapkan green bean kopi untuk  ekspor Agustus 2020. Saat ini juga sedang dijajaki potensi ekspor kopi robusta Jangkat di Kabupaten Merangin, Jambi.

Hadir dalam acara itu, Direktur Jenderal Perkebunan, Kepala Badan Karantina Pertanian, Direktur Pengolahan & Pemasaran Hasil Perkebunan dan perwakilan dari Sucafina (Buyer Kopi di Belgia) dan Rikolto, LSM asal Belgia yang melakukan pembinaan dan pendampingan kepada petani kopi di Kabupaten Kerinci.

Menurut Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Agusrizal,  sebelumnya Ekspor perdana dilakukan melalui Pelabuhan Belawan Medan Oktober 2019 dan secara simbolis dilakukan pelepasan ekspor di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci. (lin)