Pjs Gubernur Jambi Dukung Penegakan Aturan Pilkada

By MS LEMPOW 30 Sep 2020, 09:11:35 WIB JAMBI MANTAP
Pjs Gubernur Jambi  Dukung Penegakan Aturan Pilkada

Pimpin Rapat Staf, Pjs.Gubernur Jambi Tekankan 3 Hal

Mediajambi.com - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy Daud menekankan 3 (tiga) penting yang perlu menjadi perhatian dan fokus Pemerintah Provinsi Jambi menjelang berakhirnya tahun 2020, yakni: meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, menyukseskan pilkada di Provinsi Jambi, dan meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Hal tersebut disampaikan Restuardy saat memimpin Rapat Staf Lengkap, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (29/09/2020).

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj.Sekda) Provinsi Jambi, H.Sudirman,SH.,MH bertindak sebagai moderator dalam rapat yang diikuti oleh Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekda Provinsi Jambi, seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Jambi dan seluruh eselon III dan IV OPD Pemerintah Provinsi Jambi melalui aplikasi zoom meeting.

Baca Lainnya :

 “Saat ini saya hanya menekankan pada 3 hal penting yang menjadi fokus kita bersama dalam menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi untuk melayani masyarakat Provinsi Jambi. Penekanannya yang pertama adalah kita harus terus meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan, kedua adalah kita harus mensukseskan pilkada di Provinsi Jambi dan yang terakhir adalah kita harus terus meningkatkan upaya dalam pencegahan dan pemulihan dampak Covid-19 di Provinsi Jambi,” ujar Restuardy.

Restuardy menjelaskan, dalam menyelenggarakan pemerintahan yang baik, terutama terkait aspek pelayanan publik yang bersinggungan dengan masyarakat, harus menjadi perhatian prioritas bersama. Realisasi anggaran Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2020 juga menjadi fokus penting dan menjadi hal yang serius untuk memaksimalkan serapan anggaran dengan masa kerja efektif tahun ini lebih kurang 2,5 bulan kedepan.

 “Ada beberapa hal yang menjadi catatan, jika semua kegiatan menumpuk dalam 3 bulan terakhir, sangat berpotensi terhadap capaian kinerja yang telah ditetapkan, dimana output-nya tidak sempurna karena waktunya begitu sempit. Administrasinya juga rentan kesalahan kesalahan dan tidak tersaji dengan baik, serta momen kita untuk mendorong kesejahteraan masyarakat dan melakukan pelayanan publik melalui APBD Provinsi Jambi menjadi terhambat karena tidak bisa memaksimalkan alokasi anggaran yang sudah diberikan,” jelas Restuardy.

 “Saya menegaskan kepada seluruh OPD Pemerintah Provinsi Jambi, untuk segera menyelesaikan percepatan seluruh kegiatan yang telah direncanakan, dengan memperhatikan kualitas output maksimal, administrasi pertanggungjawaban dan kinerja kita kepada masyarakat, yang pada akhirnya dapat bermanfaat bagi masyarakat serta dapat mendorong kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jambi melalui serapan anggaran yang tinggi,” tambah Ardy.

Selanjutnya, Restuardy mengajak semua OPD untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaran Pilkada di Provinsi Jambi, saat ini telah memasuki masa kampanye Pilkada sampai awal Desember 2020. Selain itu, Pjs.Gubernur Jambi ini mengungkapkan bahwa sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri RI, tahapan kampanye Pilkada ini menjadi momentum bagi Pemerintah Daerah untuk menyosialisasikan dan mengampanyekan pencegahan dan penanganan Covid-19.

 “Saya bersama Pjs.Gubernur yang lain telah dititipkan pesan oleh Bapak Menteri Dalam Negeri untuk meningkatkan sosialisasi pencegahan dan penanganan Covid-19 pada masa kampanye Pilkada. Kita harus mendorong seluruh tim peserta Pilkada untuk sadar dan disiplin akan protokol kesehatan Covid-19, karena isu utama saat ini adalah Covid-19, dimana kita berada dalam kondisi yang tidak normal,” tutur Restuardy.

Restuardy juga mengajak seluruh OPD Pemerintah Provinsi Jambi untuk menjadi pionir dalam memberikan contoh kepada masyarakat Jambi agar lebih peduli dengan pandemi Covid-19,  sebagai hal yang sangat serius, terlebih saat ini Pemerintah Pusat sudah menerapkan kebijakan adaptasi kebiasaan baru.

 “Saya menginginkan lingkungan kerja yang menunjukkan sikap peduli dengan pandemi Covid-19, untuk memberikan contoh dan edukasi kepada masyarakat, karena masih ada masyarakat Jambi yang kurang peduli akan pandemi Covid-19. Saya akan memulai dari lingkungan Kantor Gubernur Jambi untuk peduli terhadap pandemi Covid-19, dengan selalu menggunakan masker saat dan menjaga jarak saat bekerja, menyediakan tempat cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir,” terang Restuardy.

 “Kondisi lingkungan kerja seperti itulah yang ingin saya bangun di Pemerintah Provinsi Jambi sebagai bentuk kepedulian bersama terhadap pandemi Covid-19. Saya harap seluruh OPD Pemerintah Provinsi Jambi dapat mengimplementasikannya di lingkungan kerja masing-masing, serta tidak lupa mengingatkan kepada masyarakat, khususnya keluarga kita untuk meningkatkan kepedulian terhadap pandemi Covid-19,” pungkas Restuardy. (mas)

 

Mediajambi.com - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi Restuardy Daud melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bawaslu Provinsi Jambi dengan agenda terkait Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Jambi, Selasa (29/9/20) sore. Kunjungan kerja ke Bawaslu ini juga seiring dengan salah satu agenda prioritas Restuardy selama menjadi Pjs.Gubernur Jambi, yakni menyukseskan Pilkada 2020 yang aman dari Covid-19.

Ditegaskannya, secara prinsip Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung penegakan aturan atau hukum selama proses penyelenggaraan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota. "Harus dilakukan dan mempersiapkan untuk melaksanakan aturan yang berlaku," ujar Restuardy.

Dikemukakannya, pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 saat pandemi Covid-19 khususnya untuk Provinsi Jambi perlu perhatian penting, mengingat adanya peningkatan jumlah orang yang terpapar atau positif Covid-19. "Ada tren peningkatan Covid-19 yang perlu dicermati saat penyelenggaraan pilkada, untuk itu, mari sama-sama menjaga jangan sampai pesta demokrasi timbulkan klaster baru, dan bersama mendorong disiplin menerapkan protocol kesehatan Covid-19," harap Restuardy.

 

 Ketua Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi mengharapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Seluruh Provinsi Jambi dapat berjalan sesuai aturan, juga kondusif sehingga penyelenggaraan pilkada berlangsung sesuai tahapan. "Siap koordinasi dan kerjasama untuk sukseskan pelaksanaan pemilihan gubernur, pemilihan bupati dan pemilihan Wali Kota," kata Asnawi.

Asnswi menjelaskan, tiga tugas Bawaslu dalam penyelenggaraan pemilihan umum yaitu bidang Pencegahan, Pengawasan dan Penindakan termasuk penerapan Protokol Kesehatan Covid-19, mengawasi atau menindak politik uang, termasuk mencegah atau menindak pengerahan ASN. Hal ini penting untuk jadi perhatian bersama mengingat Indeks Kerawanan Pemilu Pilkada 2020 untuk Kota Sungai Penuh menjadi daerah rawan pemilu bahkan mencakup tiga konteks penyelenggaraan pemilu bebas adil, kontestasi dan partisipasi, sementara Provinsi Jambi rawan pemilu konteks netralitas ASN setelah Sumatera Barat dan Sulawesi Utara.

Ketua Bawaslu Provinsi Jambi ini mengingatkan Aparatur Sipil Negara tidak terlibat politik praktis karena hal tersebut masuk pada pelanggaran, bahkan memiliki risiko turun pangkat atau berhenti jika terbukti melanggar aturan Pemilu.

Pj.Sekda Provinsi Jambi H.Sudirma, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Kepala Biro Humas dan Protokol, serta pihak Anggota Bawaslu Provinsi Jambi turut hadir dalam pertemuan tersebut. mas)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment