POLDA Jambi dan SKKMIGAS-KKKS Bersinergi Pulihkan Ekonomi Nasional di Provinsi Jambi

By Maas, SH 24 Jul 2020, 14:13:33 WIB Ekonomi
POLDA Jambi dan SKKMIGAS-KKKS Bersinergi  Pulihkan Ekonomi Nasional di Provinsi Jambi

Mediajambi.com - Pemerintah terus memberikan perhatian khusus atas kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat pandemi Covid-19. 

Selain menyiapkan jaring pengaman sosial, pemerintah juga menyiapkan program padat karya yang ditujukan untuk menjaga daya beli masyarakat, khususnya masyarakat di pedesaan. Ditengah kondisi saat ini, pemerintah terus  menggerakan berbagai upaya untuk mewujudkan kembali kebangkitan ekonomi nasional dengan melibatkan semua lini pemerintahan.

Menanggapi hal ini, SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) sebagai perpanjangan tangan pemerintah yang bertugas melaksanakan pengawasan dan pengelolaan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi yang dilaksanakan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) hulu Migas Wilayah Jambi sebagai operator lapangan dan fasilitas produksi migas yang termasuk dalam objek vital nasional pada hari Kamis, 23 Juli 2020 bersama Kepolisian Daerah 

Jambi melalui Ditpamobvit melaksanakan rapat koordinasi untuk turut memenuhi amanah arahan KAPOLRI yang disampaikan melalui Surat Telegram pada 13 Juli 2020 tentang himbauan pimpinan obvitnas di seluruh Indonesia untuk membantu masyarakat terdampak lingkungannya masing-masing dengan menggulirkan program/proyek padat karya dengan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional. 

Dalam rapat koordinasi tersebut SKK Migas Sumbagsel memberikan arahan agar KKKS yang beroperasi di wilayah Jambi dapat terus menjaga komitmen dan tanggung jawab dalam membantu program pemerintah di bidang pertanian sebagai wujud tanggung jawab guna mengembangkan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasi KKKS bersinergi dengan Ditpamobvit Polda Jambi.

Rapat koordinasi yang dilakukan secara daring ini dihadiri oleh Dirpamobvit Polda Jambi, Kombespol. Drs. Irwan Rahmaeni, Wadirpamobvit Polda Jambi, AKBP. Frido Situmorang SH, S.IK, Kabag Ops Polda Jambi, AKBP Agus Susilo beserta jajaran, Kepala Departemen Operasi SKK Migas Sumbagsel, Dian Sulistiawan, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel Andi Arie P,  Jajaran Polres Sarolangun, Jajaran Polres Tanjung Jabung Timur, Jajaran Polres Tanjung Jabung barat dan perwakilan masing-masing KKKS wilayah Jambi yakni KKKS Pertamina EP Asset 1 Jambi, KKKS PetroChina International Jabung Ltd, KKKS Mandala Energi Lemang dan KKKS MontD’Or Oil Tungkal Ltd.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel Andi Arie P, mewakili Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel menyampaikan rasa terimakasih kepada Polda Jambi terkhusus Ditpamobvit sebagai mitra kerja SKK Migas - KKKS, atas kesempatan silahturahmi yang dilaksanakan. Dalam kesempatan ini, Andi juga menyampaikan informasi terkait Program Pengembangan Masyarakat (PPM) di lingkungan KKKS Jambi yang juga telah melalui musyawarah dengan Pemerintah Daerah baik tingkat Provinsi hingga Tingkat Kabupaten/Kota. “kami sangat menyadari tanggung jawab kami terhadap masyarakat di lingkungan operasi KKKS sehingga komitmen ini sangat kami jaga.”

 Selanjutnya ia menyebutkan bahwa dalam kondisi sulit seperti saat ini yang dihadapi semua sektor demikian pula industri hulu Migas dimana mewabahnya pandemik Covid-19 yang telah berlangsung kurang lebih empat bulan terakhir di Indonesia juga berkontribusi pada menurunnya harga minyak dunia sejak Maret 2020 lalu, namun hal tersebut tidak menghentikan laju langkah SKK Migas bersama KKKS dalam menjaga komitmennya. 

“Berbagai program Tanggung Jawab Sosial (TJS)/Program Pengembangan Masyarakat (PPM) tetap menjadi fokus kami untuk terus dijalankan sekalipun ditengah masa sulit” ujarnya. 

Selebihnya Andi juga mengharapkan agar silahturahmi yang solid terus terjaga antara SKK Migas-KKKS dengan Polda Jambi dan ia juga memastikan bahwa KKKS dibawah pengawasan SKK Migas akan siap bersinergi dalam upaya pemulihan kondisi ekonomi nasional khususnya di bidang pertanian dengan memastikan program kerja dan anggaran yang telah disetujui Pemerintah melalui SKK Migas dapat tetap berjalan dan direalisasikan dengan memperhatikan protokol kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran virus covid 19 yang sedang mewabah saat ini. 

Sementara itu, Dirpamobvit Polda Jambi Kombespol. Drs. Irwan Rahmaeni menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada SKK Migas dan KKKS wilayah Jambi atas berbagai program dan kegiatan Tanggung Jawab Sosial perusahaan yang telah dilaksanakan “kami sangat mengapresiasi wujud kepedulian SKK Migas – KKKS terhadap masyarakat yang selama ini telah dilaksanakan, informasi ini juga nantinya akan kami sampaikan kepada Mabes Polri sebagai bukti bahwa memang perusahaan Hulu Migas yang merupakan objek vital nasional sebetulnya telah menjalankan komitmennya dengan baik,” ungkap Irwan.

 Ia juga memberikan kepercayaan bahwa SKK Migas – KKKS akan terus menjaga semangat positif ini. “harapan kami pula agar nantinya dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh SKK Migas dan KKKS terkhusus dalam menjalankan program TJS ini agar dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan kami, mengingat ini juga merupakan tanggung jawab kami sebagai mitra” tutupnya.(***)