Puluhan Awak Media Divaksinasi Covid-19

By Maas, SH 06 Mar 2021, 13:56:29 WIB KOTA
Puluhan Awak Media Divaksinasi Covid-19

Keterangan Gambar : Puluhan Awak Media Divaksinasi Covid-19


Mediajambi.com- Puluhan awak media,baik cetak dan elektronik,hari ini menjalani vaksinasi COVID-19 gelombang I di Puskesmas Paal Merah 1, Sabtu (6/3). Vaksinasi awak media tersebut dilakukan serentak dengan lansia. Pelaksanaan vaksinasi berlangsung lancar dengan mematuhi protokol kesehatan. 

Sebelum masuk, seluruh peserta dilakukan pemeriksaan suhu tubuh. Wartawan lalu diarahkan duduk di ruang tunggu untuk mendapatkan antrean. 

Sebelum menjalani vaksinasi, data calon penerima vaksin divalidasi dan dicocokkan sesuai identitas. Berikutnya, calon penerima vaksin akan mendapatkan nomor urut vaksinasi.

Selama menunggu vaksinasi, disediakan ruang tunggu dengan kursi untuk tempat duduk. Selama mengantre ini, para awak media duduk teratur dan sesuai protokol kesehatan.

Setelah itu, calon penerima vaksin akan menjalani screening. Pada tahapan ini, calon penerima vaksin akan ditanya apakah punya riwayat penyakit sebelumnya dan menjalani tensi darah. Setelah itu barulah tahapan penyuntikan vaksinasi. Vaksinasi yang diberikan adalah Sinovac, dengan dosis 0,5 Mililiter (ML). 

Selesai disuntik vaksin, nantinya penerima vaksin diobservasi dulu selama 30 menit. Penerima vaksin akan ditanya apakah mengalami keluhan setelah menerima vaksin. Bagi yang tidak memiliki keluhan setelah 30 menit disuntik vaksin diperbolehkan langsung pulang.

Ketua SMSI Provinsi Jambi, Muhtadi Putra Nusa mengatakan sangat antusias menjalani vaksinasi ini. Ia mengaku tidak merasakan efek samping setelah divaksin.

"Nggak sih, biasa saja saya. Nggak terasa apa-apa," katanya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Walikota Jambi dan jajarannya karena telah memprioritaskan awak media sebagai salah satu penerima vaksin.

"Terimakasih kepada pak walikota, semoga dengan adanya vaksin ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya. 

Hal yang sama juga dirasakan oleh Hanapi. Hanapi mengaku hanya sedikit pegal setelah divaksinasi.

"Kayak pegal saja tangan kiri, kayak nyut-nyutan, tapi cuma bentar," katanya.

Sementara Kepala Puskesmas Paal Merah 1, Repelita Witri mengatakan bahwa sebelum dilakukan vaksin, peserta vaksin harus mengetahui gejala Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). KIPI merupakan kejadian medis yang diduga berhubungan dengan vaksinasi, gejala KIPI diantaranya ada KIPI lokal, KIPI Reaksi Sistemik, dan KIPI Reaksi Lain. 

"Totalnya ada 50 awak media yang divaksinasi dan 444 lansia. Datanya sudah masuk ke kami," ujarnya.

Jika tidak selesai divaksin pada Sabtu, (6/3), maka bisa datang kembali pada Senin (8/3). "Kami jadwalnya seminggu tiga kali melayani vaksinasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Jambi, Nirwan berharap vaksinasi COVID-19 dapat melindungi awak media di lapangan. Hal itu karena tugas wartawan yang bertemu dengan banyak narasumber setiap harinya.

"Wartawan sering berinteraksi dengan publik, dengan narasumber," katanya. (*/Yen)