Selama PPKM Masyarakat Pilih Naik Bus ke Pulau Jawa

By MS LEMPOW 21 Okt 2021, 18:54:43 WIB RAGAM
Selama PPKM Masyarakat Pilih Naik Bus ke Pulau Jawa

Keterangan Gambar : Petugas dari Dishub menegur penumpang bus yang hendak berangkat tanpa prokes


Mediajambi.com - Banyak masyarakat di Kota Jambi memilih menggunakan bus umum untuk bepergian ke Jakarta dan Pulau Jawa selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Selain lebih hemat, juga tidak tidak banyak persyaratan.

"Saya sudah beberapa kali ke Jakarta menggunakan bus. Tiketnya lebih murah dan hanya diwajibkan Test antigen," kata Suhaimin (45) seorang pengusaha makanan ternak ketika ditemui Media Jambi di poll bus Putera Remaja di Jalan... samping Lapas Kota Jambi, Rabu (20/10/2021).

Menurutnya, bus bertolak dari Terminal Simpang Rimbo pukul 14.30 wib dan keesokan harinya sekitar pukul 08.30 wib sudah sampai di Rest Area Karang Tengah Tanggerang Jakarta. "Cukup cepat sejak ada tol ini, ketimbang naik pesawat karena sepi sering di delay," jelasnya. 

Baca Lainnya :

Tarif bus juga relatf murah, yaitu Rp 400.000 per orang. "Kita hanya bayar karcis bus dan bayar biaya tes antigen Rp 150 ribu," katanya. 

Meskipun saat ini harga tiket pesawat cukup murah, namun karena harus dilengkapi dengan tepat PCR  biaya perjalanan menjadi lebih mahal. "Tes PCR sekarang masih Rp 600 an. Mahalah pcr ketimbang harga tiket pesawat," paparnya. Selain itu dia mengakui ribet karena harus menggunakan aplikasi Peduli Lindung mellaui hape. 

Pengelola Putera Remaja Jambi, Hendra mengakui ada peningkatan jumlah penumpang bus tujuan Jakarta dan Pulau Jawa selama PPKM ini. Dalam sehari rata rata ada 60-80 penumpang dan terkadang mereka mengoperasikan dua mobil sekaligus. 

"Selama PPKM ini memang jumlah penumpang naik, rap harga tiket tidak ada kenaikan tetap Rp 400 ribu," jelasnya. Penumpang katanya diwajibkan memiliki hasil tes antigen yang berlaku dua kali 24 jam.

 "Artinya, penumpang harus di tes antigen di hari keberangkatan karena untuk pemeriksaan di kapal, sudah terhitung hari kedua," jelasnya. Untuk tes antigen bisa dilakukan dimana saja, namun pihaknya juga menyiapkan di loket. "Kalau tidak sempat lagi, bisa tes di loket kami juga menyediakan," ujarnya. 

Selain syarat antigen tidak ada syarat lain yang diminta. "Cukup antigen dan menjaga Prokes selama perjalanan," katanya. 

Kemudahan itulah yang membuat penumpang lebih memilih menggunakan bus ketimbang pesawat terbang. Namun katanya mereka tetap menjaga Prokes dengan mengharuskan semua penumpang menggunakan masker dan menyediakan alat cuci tangan. (Fitriani Ulinda)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment