Targetkan PAD Rp500 Juta dari Sewa Alat Berat

By Maas, SH 28 Feb 2021, 12:08:07 WIB KOTA
Targetkan PAD Rp500 Juta dari Sewa Alat Berat

Mediajambi.com- Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi rupanya tak hanya berasal dari pelaku usaha, namun internal Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) rupanya turut menjadi salah satu penyumbang PAD. Salah satunya Instansi Dinas Pekerja Umum dan Tata Ruang (PU-PR).

Instansi yang focus menangani pembangunan Infrastruktur tersebut rupanya turut menyewakan alat berat.

Memang ada beberapa alat berat yang dimiliki Dinas, dan ini disewakan,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kota Jambi, Agustiawan, kemarin.

Agus menjelaskan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pemakaian kekayaan daerah  berupa sewa alat berat pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Jambi tahun lalu berkisar Rp500 juta. Tahun 2021, pihaknya masih mentargetkan angka yang sama. Sebab, beberapa jenis alat berat perlu peremajaan.

"Ada beberapa memang butuh peremajaan, sekarang yang masih aktif hanya 6 atau 7 alat berat," ujarnya.

Kata dia, dalam penyewaan alat berat, masyarakat juga bisa mengajukan. Caranya, dengan mengajukan permohonan ke Dinas PUPR kota Jambi. "Alat kita lengkap, ada beko, eskavator mini, eskavator besar, motor grader dan lainnya. Biasanya sewanya per 8 jam," katanya. 

Terpisah, Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jambi, Assad Prawira mengatakan bahwa tahun ini, pemerintah Kota Jambi memang ada rencana untuk melakukan lelang beberapa alat berat. Alat berat yang dilelang tersebut merupakan alat berat yang sudah waktunya untuk dilelang. 

"Jumlahnya kita belum bisa pastikan, masih proses inventarisir. Intinya tahun ini ada lelang untuk alat berat," pungkasnya.(Yen)