Terkendala RTRW Pemkot Jambi Belum Miliki Fasilitas Pengelola Limbah B3

By Maas, SH 26 Jun 2020, 10:38:02 WIB KOTA
Terkendala RTRW Pemkot Jambi Belum Miliki Fasilitas Pengelola Limbah B3

Mediajambi.com- Pemerintah Kota Jambi (Pemkot) Jambi saat ini sedang mempersiapkan untuk pengusulan kepada Pemerintah Provinsi Jambi agar dapat merevisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Pasalnya hingga saat ini, Pemkot Jambi belum memiliki fasilitas pengolahan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3). Saat ini pemisahan bahan B3 tersebut, khususnya yang berasal dari RSUD milik Pemkot Jambi seperti RSUD Abdul Manap dan RSUD Abdurrahman Sayoeti harus dialihkan ke luar Kota Jambi.

Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan bahwa Pemkot Jambi masih terkendala RTRW Sebab berdasarkan aturan RTRW Pemprov Jambi, Kota Jambi tidak masuk dalam RTRW untuk pembuangan limbah B3. "Padahal secara lokasi dan sarana prasarana, kita sudah sangat siap untuk itu. Namun kita terkendala pada RTRW tersebut,” kata Fasha.

Selanjutnya Fasha menjelaskan bahwa saat ini Pemkot Jambi akan mengusulkan ke Pemprov Jambi agar dapat merevisi perda RTRW dan dapat menetapkan Kota Jambi bisa mengelola limbah B3 secara mandiri. “Lagi kita usulkan ke Pemprov agar dapat direvisi RTRW nya. Sebab kami juga tidak bisa memastikan apakah limbah B3 yang kami kirim ke luar daerah itu memang dimusnahkan atau seperti apa. Sementara ini tetap kita kirim dahulu ke luar daerah,” jelasnya. (Yen)