Wawako Maulana: Jangan Terdengar di Telinga Saya Ada Lansia Tak Terawat

By Maas, SH 17 Nov 2020, 15:49:55 WIB KOTA
Wawako Maulana: Jangan Terdengar di Telinga Saya Ada Lansia Tak Terawat

Mediajambi.com- Perhatian pemerintah kota (pemkot) Jambi kepada orang lanjut usia (lansia) selama ini cukup baik. Beragam program dijalankan pemkot Jambi untuk meningkatkan produktifitas lansia.

Bentuk perhatian besar itupun salah satunya dengan mendirikan graha lansia Pusako Batuah.

Di sini, para lansia diberikan bimbingan dan diberikan beragam kegiatan seperti senam lansia, pusat pelatihan UMKM, pusat pelayanan kesehatan dan pusat kerohanian.

Graha lansia yang saat itu diresmikan Walikota Jambi Sy Fasha, (10/3/2020) dijadikan sebagai pusat lansia sekaligus sekretariat lansia. 

Teranyar, Pemkot Jambi memberikan bimbingan sosial kepada para lansia yang dilaksanakan di aula rumah dinas Wakil Walikota Jambi di kawasan Mayang, Selasa (17/11/2020) pagi.

Dibuka Wakil Walikota Jambi Maulana, bimbingan sosial lansia diharapkannya memberi manfaat. Dalam sambutannya, Maulana menyampaikan pentingnya memperhatikan para lansia. 

Dirinya pun berharap, semua lansia di kota Jambi dapat sentuhan pemkot Jambi. "Jangan sampai terdengar di telinga Saya di wilayah masing-masing Camat, ada lansia yang tak terawat. Itu tugas Kita," tegas Maulana yang juga selaku ketua Komda Lansia kota Jambi.

Pasalnya kata Maulana, usia harapan hidup lansia di kota Jambi semakin meningkat.

Tujuan pelatihan, tambah Maulana mengaktifkan psikomotor lansia, karena kalau hanya duduk saja dan termenung, sendi-sendi akan kaku. "Tapi kalau gerak terus dan ceria itu akan baik untuk kesehatan."

"Saya berpesan kepada Dinas Sosial Kota Jambi untuk gaspol memperhatikan keluarga lansia di kota Jambi," ujarnya.

 Maulana menjelaskan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi antar sesama lansia potensial dan produktif dengan diberikan bimbingan dan pelatihan-pelatihan.

"Untuk itu kita berusaha beri bantuan, kemudian juga kita harus melakukan upaya untuk meniadakan, menghilangkan lansia terlantar."

"Harus kita lakukan upaya untuk memberikan bantuan baik dari segi pangan, pelayanan kesehatan maupun papan atau tempat tinggal. Kalau nggak ada, ya harus di panti. Kalau yang sudah punya rumah yang penting di monitor masalah pangannya dan masalah kesehatan."

"Tadi sudah saya amanat kepada camat, saya selaku ketua komda programnya adalah meningkatkan silaturahmi dan kemampuan kelompok lansia potensial tetapi juga harus memberikan pelayanan kepada kelompok lansia terlantar," tegas Maulana.

Dijelaskan Kadis Sosial kota Jambi Noviarman, peserta bimbingan merupakan utusan dari komda lansia kecamatan se-kota Jambi berjumlah 20 orang. Kegiatan akan diadakan 5 kali dengan total peserta 100 orang.

"Kegiatan ini bahwa sebenarnya dilaksanakan setiap bulan, cuma mengingat masih pandemi covid-19, jadi ini kami dilaksanakan tanggal 17, 18, 24 25 November dan satu kali lagi di bulan Desember nanti akan kami tentukan jadwalnya," ujar Noviarman dalam sambutannya.

Ditambahkan Noviarman, bimbingan sosial lansia akan menghadirkan pembicara dari komda lansia kota Jambi untuk memberikan motivasi lansia.

"Maksud dan kegiatan ini untuk menjalin tali silaturahmi antara lanjut usia, sebagai adanya kepedulian pemerintah kota Jambi kepada lansia. Dan menambah kepercayaan diri para lansia untuk belajar berusaha," tutup Noviarman. (yen)