Angka Terkonfirmasi Covid-19 di Jambi Turun Warga Mulai Abai Prokes

By Maas, S.H 20 Des 2021, 19:54:29 WIB RAGAM
Angka Terkonfirmasi Covid-19 di Jambi   Turun Warga Mulai Abai Prokes

Keterangan Gambar : Seorang pedagang yang berjualan di Pasar Angso Duo tidak memakai masker


Mediajambi.com - Paparan Covid-19 di Provinsi Jambi mulai turun dalam dua bulan belakangan ini, namun disejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Jambi banyak pedagang dan pengunjung yang tidak memakai masker saat masuk pasar. Bahkan saat ini banyak pengendara bermotor roda dua tidak memakai masker.

Pantauan di Pasar  Angso Duo Kota Jambi sejumlah pengunjung yang hendak berbelanja banyak yang tidak memamtuhi protokol kesehatan yakni tidak memakai masker. Padahal sebelumnya warga sangat patuh dengan prokes. “Saya sudah divaksin dua kali, kan sudah kebal dan tidak terpapar Covid-19,” ujarnya Warni (36) menjawab pertanyaan Mediajambi.com saat dikonfirmasi, Senin 20/12/2021) pagi.

Menurutnya, saat ini tidak ada petugas yang melakukan pengawasan terhadap pedagang maupun pengunjung memasuki pasar. “Tadi saya lupa pakai masker, karena melihat orang sudah banyak yang tidak pakai masker,” ucapnya.

Baca Lainnya :

Kabid Komunikasi Publik Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah mengatakan  saat ini terjadi penurunan angka warga yang terkonfirmasi. Bahkan kata dia sejumlah tempat isolasi yang telah disiapkan pemerintah ditutup seiring dengan terus berkurangnya pasien yang terkonfirmasi.

Meski demikian kata Johansyah warga harus tetap waspada dan tidak lengah, jangan sampai terjadi ledakan seperti sebelummnya.  Apalagi saat ini ada varian omicron yang lebih bahaya dari virus sebelumnya. "Mari kita patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dan tidak berkerumun atau biasa disebut 3M," ucapnya.

Bahkan kata Johansyah saat ini seluruh wilayah wilayah sudah masuk zona kuning. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa masuk zona hijau. Asalkan warga patuh dan tidak melanggar prokes. Karena untuk penanganan covid-19 ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Tapi harus ada dukungan dari semua pihak, ada kolaborasi antara pemerintah, swasta dan masyarakat," ujarnya lagi.

Dia yakin bila masyarakat patuh maka pandemi dapat usai dan bisa beraktivitas sebagaimana biasanya. Dengan demikian ekonomi akan pulih kembali. "Ayo kepada warga yang belum vaksin segera lakukan vaksinasi ditempat-tempat yang telah disediakan pemerintah," ucapnya.(maas)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment