Atlet Difabel Tunanetra Tantang Gubernur Jambi Tanding Catur

By Maas, SH 04 Sep 2021, 19:12:22 WIB Olahraga
Atlet Difabel Tunanetra Tantang Gubernur Jambi Tanding Catur

Mediajambi.com - Abdul Rachim (30) atlet catur tunanetra Jambi, menantang Gubernur Jambi, H Al Haris tanding catur. Hal itu sebagai uji nyali bagi dirinya menjelang bertanding di ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) tahun 2021 di Papua, akhir Oktober mendatang.

"Saya yakin pak Gubernur bisa main catur. Ini untuk melatih mental saya saja khususnya kalau berhadapan dengan petinggi petinggi, siap tidak saya untuk latih tanding," kata Abdul Rachim saat ditemui tengah latih tanding di Stadion Mini Jambi, Sabtu (4/9/2021). 

Karena itu dia berharap selain Gubernur, ada pejabat lain, seperti Kapolda, Danrem mau membantunya latih tanding.

Abdul Rachim, warga Kabupaten Bungo ini berharap dengan terbiasa latih tanding melawan petinggi, dia tidak grogi saat berhadapan dengan lawan siapapun di Peparnas nanti.

Abdul Rachim berharap bisa meraih medali di ajang bergengsi bagi para atlet difabel itu. Pada Peparnas sebelumnya, dia menduduki posisi empat besar nasional. "Target saya tentu saja kalau bisa meraih medali emas," tegasnya.

Selama ini dia mengaku berlatih tanpa pelatoh dan belajar melalui suara dari handphone. "Dari handphone inilah saya belajar teori teori disamping dari buku," katanya.

Sejak Pelatda Peparnas, dia didampingi pelatih dari Percasi Provinsi Jambi dan melakukan latih tanding dengan atlet catur maupun pecatur pecatur handal lainnya. 

Manager Tim Catur Jambi ke Peparnas, Muhammad Usman mengaku peralatan latihan berupa papan catur dan jam penunjuk waktu masih menjadi kendala untuk atletnya berlatih.

 "Awalnya kita tidak punya papan catur khusus penyandang tunanetra, Alhamdulillah ada donatur yang memberi," jelasnya. Dia juga berharap saat Pelatda ini bisa dilengkapi dengan jam pengatur waktu tanding, agar atletnya terbiasa. "Semoga saja ada donatur yang mau membantu," harapnya.(Lin)




Loading....


Online Support (Chat)

maas_sh