Besesandingon Cara Orang Rimba Jalankan Prokes Covid 19

By Maas, SH 08 Jun 2021, 12:13:03 WIB RAGAM
Besesandingon Cara Orang Rimba Jalankan Prokes Covid 19

Keterangan Gambar : Besesandingon Cara Orang Rimba Jalankan Prokes Covid 19


Mediajambi.com - Selama pandemi Covid-19, bahkan jauh sebelum pandemi, Orang Rimba atau suku anak dalam di Provinsi Jambi sudah menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes). Tiap-tiap kelompok dalam komunitas Orang Rimba menjalankan tradisi “besesandingon” alias saling menjaga jarak antar kelompok. 

Menurut seorang warga Orang Rimba di Muara Bulian Kabupaten Batanghari, Mengkebul (70) tradisi itu adalah kearifan lokal komunitas mereka untuk mengantisipasi ancaman penyebaran penyakit.

Anggota komunitas orang rimba disana mencoba bertahan tidak keluar dari kelompok apalagi berbaur dengan masyarakat luar. Dampaknya, hasil getah-getahan dari dalam hutan yang biasanya dijual ke pasar kini tertahan. Akibatnya, Orang Rimba pun terkendala mencukupi kebutuhan hidupnya selama masa pandemi. 

Mangebul mengaku mereka sangat bersyukur karena ada  Bantuan Sosial Tunai senilai Rp 600.000 yang mereka terima untuk bulan Maret dan April. "Kami sangat bersyukur datangnya bantuan dari negara ini," katanya. Karena selama pandemi, mereka tidak bisa keluar komunitasnya untuk menjual hasil hutannya

Pimpinan Orang Rimba di wilayah Terab, Tumenggung Ngelembo, meminta seluruh warga memanfaatkan bantuan tersebut untuk mencukupi bahan kebutuhan pokok saja, seperti beras, gula, dan bahan makanan lainnya. Ia pun berharap bantuan dapat terus berlanjut.

Di Kabupaten Batanghari, ada 122 orang rimba penerima BST yang penyerahan nya diberikan  akhir pekan lalu. Menyasar tiga kelompok, yakni Rombong Tumenggung Ngelembo, Nyenong, dan Ngirang yang lokasinya berjarak 90 kilometer dari Muara Bulian, ibu kota Batanghari. Petugas Kantor Pos Cabang Muara Bulian mengantarkan langsung bantuan ke komunitas orang rimba . (Lin)