Borong Tiga Penghargaan Sekaligus, Fasha Raih Top Pembina BUMD

By Maas, SH 14 Sep 2021, 08:18:48 WIB KOTA
Borong Tiga Penghargaan Sekaligus, Fasha Raih Top Pembina BUMD

Keterangan Gambar : Borong Tiga Penghargaan Sekaligus, Fasha Raih Top Pembina BUMD


Mediajambi.com JAKARTA - Tidak hanya handal memimpin pemerintahan, sosok Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, juga sangat mumpuni dalam tata kelola perusahaan. Terbukti pada ajang penghargaan Top BUMD Awards 2021, Fasha memboyong 2 penghargaan sekaligus, yaitu Top Pembina BUMD dan Top BUMD untuk Perumda Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi.

Tidak hanya itu, dalam ajang penghargaan bergengsi bagi BUMD se-Indonesia itu, 1 penghargaan lagi juga diboyong Kota Jambi, yang disematkan kepada Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mayang, Dwike Riantara, sebagai Top CEO BUMD.

Bertempat di Hotel Raffles Ciputra Jakarta, Jumat malam (10/9), selebrasi penghargaan ini mendapat apresiasi dari Menteri Negara BUMN, Erick Thohir, yang menyampaikan sambutannya secara virtual.

Top BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia, atas Achievement (prestasi), Improvement (perbaikan), dan Contribution (Kontribusi) BUMD yang telah dilakukan, terkait kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. 

Penilaian penghargaan ini menggunakan kuesioner dan pendalaman melalui wawancara penjurian, presentasi dan tanya jawab oleh Dewan Juri yang terdiri dari akademisi dan para pakar dari praktisi bisnis, dan konsultan bisnis. Dari total 1.149 BUMD se-Indonesia yang mengikuti penilaian ini, terpilih 200 BUMD terbaik. Lalu, 172 BUMD yang layak mengikuti wawancara penjurian dan presentasi.

Adapun indikator penghargaan ini adalah pencapaian kinerja bisnis, improvment BUMD, kontribusi BUMD pada daerah, strategi Inovasi untuk mendukung bisnis di masa pandemi, dan BUMD sebagai benchmark.

Salah satu tujuan utama TOP BUMD Awards tersebut adalah membangun ekonomi Indonesia, melalui percepatan pembangunan ekonomi daerah dengan cara meningkatkan jumlah BUMD-BUMD "Hebat" atau BUMD-BUMD yang kinerjanya paling baik di Indonesia.

Usai menerima penghargaan tersebut, Wali Kota Fasha menyampaikan apresiasinya atas diraihnya penghargaan Top BUMD Awards 2021 untuk Kota Jambi tersebut. Menurutnya penghargaan ini merupakan bukti penilaian kinerja yang dilakukan oleh pihak luar atas kinerja BUMD milik Pemerintah Kota Jambi.

"Kami mengapresiasi diberikannya penghargaan ini kepada Pemkot Jambi dan Perumda Tirta Mayang Kota Jambi. Ini adalah bukti pengakuan atas kinerja perusahaan dan pengakuan atas manajemen tata kelola pemerintahan Kota Jambi dalam membina BUMD Perumda Air Minum Tirta Mayang. Semoga penghargaan ini memberi motivasi kepada kami dan Perumda Tirta Mayang, untuk terus meningkatkan kualitas dan kinerja perusahaan dalam melayani masyarakat Kota Jambi," ujar fasha kepada sejumlah awak media.

Lebih lanjut, Fasha berharap kinerja Perumda Tirta Mayang senantiasa meningkat, seiring dengan penambahan kualitas jaringan air minum di Kota Jambi. 

"Kami (Pemkot Jambi red-) berharap, kedepannya Perumda Air Minum Tirta Mayang dapat lebih meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Saat ini layanan sudah makin baik, namun kami harap, Perumda Tirta Mayang dapat menjawab ekspektasi masyarakat, atas layanan yang prima dan kualitas air minum yang baik. Semoga pula perusahaan ini terus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi di daerah maupun di tingkat nasional," pungkas Fasha.*/Yen)