Buaya di Sungai Gelam Dievakuasi

By Maas, SH 25 Sep 2021, 13:26:58 WIB RAGAM
Buaya di Sungai Gelam Dievakuasi

Mediajambi.com - Kantor BKSDA Provinsi Jambi menurunkan 7 petugas dibantu masyarakat akan mengevakuasi buaya di tempat penangkarannya, di Desa Kebun Sembilan Kecamatan Sungai Gelam Provinsi Jambi, Sabtu (24/9/2031). Ada sekitar 20 hingga 30 ekor buaya tua jenis Muara dan Sinyulong akan direhalibitasi ke tempat penangkaran di Muara Bulian.

Pantauan Mediajambi.com dilapangan, beberapa tukang tengah membuat kotak tempat untuk membawa buaya.

 Beberapa petugas dari BKSDA tengah bersiap siap untuk terjun ke kolam. 
Sahron koordinator tempat penyelamatan dari BKSDA Provinsi Jambi mengatakan proses evakuasi akan berlangsung sekitar 10 hari. "Setiap hari kemungkinan hanya dua atau tiga ekor yang bisa dievakuasi. Karena ukurannya sangat besar besar dan jumlahnya banyak," katanya. 

Buaya di penangkaran itu sudah harus segera dievakuasi karena membahayakan masyarakat. Namun proses penangkapan  harus dilakukan juga dengan memperhatikan keselamatan buaya tersebut.

Menurutnya tidak mudah menangkap buaya yang berada di kolam yang berjumlah banyak. "Beda cara menangkap di kolam yang banyak buayanya dengan yang berkonflik, hanya satu dua ekor. Keselamatan juga harus diperhatikan," kata Sahron yang dikenal piawai menangkap buaya ini. Buaya yang ada tersebut, berusia diantara 20 hingga 30 tahun dan sudah tidak bisa dimanfaatkan lagi. Selanjutnya buaya buaya tersebut sebelum di lepasliarkan harus direhabilitasi dahulu dititipkan di penangkaran di Muarabulian. "Hanya disana yang layak menjadi tempat penitipan sembari menunggu izin pelepasannya," kata Sahron.

Endang, petugas evakuasi,  mengatakan akan menggunakan metoda memancing agar buaya itu mendekat baru ditangkap.

"Kita akan pancing terlebih dahulu, setelah mendekat baru ditangkap, kedua mata dan kepalanya ditutup, kedua kaki dan tangannya diikat baru dimasukkan ke kotak," ujar Endang. (Lin)




Loading....


Online Support (Chat)

maas_sh