Dua Ekor Buaya Muara Raksasa Dievakuasi

By Maas, SH 25 Sep 2021, 20:35:26 WIB RAGAM

Berita Terkait

Dua Ekor Buaya Muara Raksasa Dievakuasi

Mediajambi.com - Dua ekor buaya berhasil ditangkap di kolam tempat penangkaran buaya di Desa Kebun Sembilan Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu siang (24/9). Satu ekor sepanjang lima meter berbobot 500 kg dan seekor lainnya empat meter berbobot 400 kg.
Penangkapan buaya itu bagian dari upaya evakuasi yang dilakukan BKSDA Provinsi Jambi, menyusul terbengkalainya tempat penangkaran buaya tersebut setahun terakhir.

 Sebelumnya, tanggal 17 dan 18 September lalu tim menangkap 3 ekor buaya yang lepas dari penangkaran ke pemukiman penduduk.

Penangkapan dilakukan petugas BKSDA dibantu masyarakat dan berlangsung cukup menegangkan. Karena dilakukan manual dengan cara memancing buaya ke pinggir kolam. 

Sekitar satu jam barulah  buaya mendekat petugas langsung menjeratnya. Buaya  sempat ngamuk dan meronta ronta berusaha melepaskan jerat di mulutnya. Namun tak lama buaya sepanjang lima meter tersebut melemah dan petugas memasang karung menutupi mata, mulut dan kakinya.  Buaya yang berbobot hampir 400 kilogram itu terpaksa harus ditarik menggunakan mobil milik BKSDA sejauh 20 meter. Petugas harus bekerja keras karena bobot buaya itu sangat besar. 

Setelah itu buaya yang tak berkutik lagi itu dimasukkan kedalam peti yang ditutup kiri kanan serta atasnya terbuka.
Hanya berselang satu jam, buaya kedua juga berhasil ditangkap. Buaya jenis Muara ini juga berbobot raksasa, hanya lebih pendek sekitar 4 meter.

 "Alhamdulillah sampai sore ini kita berhasil menangkap 2 ekor. Buaya ini yang berada ditepi sehingga mudah dipancing dan dijerat," jelas Sahron, Koordinator Tim Penyelamatan Satwa BKSDA Provinsi Jambi usai penangkapan.

Buaya hasil tangkapan itu selanjutnya akan dievakuasi ke tempat penangkaran di Muara Bulian Kabupaten Batanghari. "Buaya ini akan kita titipkan sementara di penangkaran di Muarabulian, setelah mendapat izin dari kementrian baru dilepasliarkan di tempat yang sudah ditetapkan," katanya.

Hingga berita ini diturunkan upaya penangkapan buaya yang diperkirakan sudah berusia 20 hingga 30 tahun itu masih dilakukan. Petugas akan menggunakan metoda memancing dengan daging, agar buaya mendekat. (Lin)




Loading....


Online Support (Chat)

maas_sh