Forkopimda Doakan Atlet Jambi Juara PON XX Papua

By Maas, SH 31 Agu 2021, 09:14:24 WIB Olahraga
Forkopimda Doakan Atlet Jambi Juara PON XX Papua

KONI Jambi - Hari terakhir program pemusatan latihan daerah (Pelatda) inap II atlet PON XX Papua, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi mengundang unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi untuk memotivasi para atlet.

Pemberian motivasi dan juga pembekalan selayang pandang mengenai Provinsi Papua itu, digelar Minggu (29/8/2021) malam di hotel Shang Ratu, Kota Jambi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Jambi diwakili oleh asisten III Setda Provinsi Jambi, Ir. Hj. Sri Anggunaini, Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli, Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Jambi, Brigjen Pol Irawan Davidsyah, Plt Kadiskepora Provinsi Jambi, Ronaldi, Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan, para tokoh masyarakat Papua, Mahasiswa Papua, serta pelatih dan atlet PON XX Papua.

Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para unsur Forkopimda Jambi yang telah hadir menyempatkan diri di acara penutupan pelatda inap II atlet PON XX.

Dijelaskannya, program Pelatda inap II telah berjalan sejak tanggal 2 hingga 29 Agustus 2021. Para atlet berlatih secara intens, baik fisik, teknik, kesiapan mental, dan kesehatan.

"Alhamdulillah Pelatda inap II berjalan dengan lancar tanpa ada kendala," tuturnya.

Disampaikannya, pada PON XX Papua 2021, kontingen Jambi memberangkatkan sebanyak 156 orang, terdiri atlet 101 orang, pelatih dan asisten pelatih 29 orang, serta official sebanyak 26 orang.

"Kami mohon doa dan dukungannya, semoga atlet-atlet kita tetap sehat dan dapat memberikan prestasi yang terbaik untuk Provinsi Jambi," tutup Budi.

Gubernur Jambi

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Jambi melalui asisten III Setda Provinsi Jambi, Sri Anggunaini berpesan kepada para atlet untuk menanamkan mental juara di dalam dirinya masing-masing.

"Jangan berangkat kalau hanya memiliki mental partisipasi saja, lebih baik tidak berangkat karena biaya keberangkatan kita sangat mahal," katanya.

Ia mengingatkan, bahwa kontingen Jambi tidak boleh lagi tertinggal dalam prestasi di tingkat nasional.

"Pada PON 9 di Jawa Barat tahun 2016, pada saat itu posisi Provinsi Jambi berada di peringkat ke 23 dari 34 Provinsi se-Indonesia, dan hanya mampu meraih 6 Emas, 6 Perak dan 21 Perunggu, saya menganggap ini prestasi yang belum optimal," ujarnya.

Ia juga mengharapkan, agar KONI Provinsi Jambi untuk tidak memberangkatkan atlet yang hanya formalitas hadir sebagai peserta di PON Papua XX nantinya.

"Harus ada target prestasi yang ingin dicapai," tuturnya.

Ia juga mengungkapkan, bahwa para atlet Cabor diharapkan mampu mengharumkan nama Provinsi Jambi di kancah nasional.

"Jadi, jangan sisa-sisa harapan masyarakat Jambi di pundak kalian dan raihlah prestasi setinggi-tingginya di PON Papua ini," tutupnya.

Ketua DPRD Provinsi Jambi

Sementara itu Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto berpesan kepada kontingen Jambi untuk tetap menjaga kekompakan.

"Hal sepele jangan dijadikan masalah, atlet harus fokus dan target meraih prestasi. Kita yang harus menjadikan juara, bukan pelatih kita, bukan pemerintah kita, tetapi diri kita sendiri. Saya berharap adik-adik atlet bisa meraih prestasi setinggi tingginya.

"Berangkatlah dngan sehat bugar dan gembira, yang kedua jangan nervous jangan gugup, tanamkan optimis raih prestasi," pesannya.

Kapolda Jambi

Tak ketinggalan Kapolda Jambi, Irjen Pol A. Rachmad Wibowo juga berpesan kepada 102 atlet yang berangkat ke PON XX Papu. Disampaikannya, bahwa merupakan suatu kebanggaan bagi para atlet akan bertanding di Papua.

“Dari Personel Polda Jambi juga akan mendampingi di kejuaraan nanti, dan yang paling penting kita akan bertemu para atlet seluruh Indonesia, di pekan olahraga ini kesempatan kita untuk memperkenalkan budaya Jambi, ” kata Kapolda Jambi.

Jenderal bintang dua ini meminta kepada atlet yang akan berangkat, untuk bersama-sama menjunjung tinggi adat istiadat Papua.

"Kita harus jaga persatuan dan kesatuan, bertanding dengan sportif pulang dapat mendali," ujarnya.

Ia juga menjanjikan kepada atlet yang berprestasi untuk mempermudah menjadi anggota Polri.

‘Untuk yang berprestasi nanti adik-adik para atlet yang ingin menjadi polisi nanti kita bantu masuk polisi melalui jalur prestasi, pesan saya fokus bertanding dengan membawa prestasi mendali, selamat bertanding, sukses bawa mendali emas sebanyak-banyaknya salam olahraga,” pungkasnya.

Danrem 042/Gapu Jambi

Hal senada juga disampaikan oleh Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI M Zulkifli. Ia meminta atlet tetap menajaga protokol kesehatan selama berlatih dan bertanding.

"Tentu namanya Ivent akbar pasti ada problem, kita fahami itu, apalagi di masa Pandemi Covid-19. Protokol kesehatan dijaga betul jangan sampai atlit Jambi dapat permasalahan baru," imbaunya.

Ia mengharapkan para atlet dapat memberikan prestasi terbaik untuk Jambi.

"Jaga kesehatan, jaga keamanan diri sendiri, jaga keamanan tim, memberikan medali dengan perjuangan keras dengan tekad yang baik. Saya mengapresiasi perjuangan atlet-atlet Jambi," ucapnya.

Kabinda Jambi

Sementara itu Kabinda Jambi, Brigjen Pol Irawan David Syah menyampaikan apresiasinya kepada para cabor, pengurus KONI, Diskepora Provinsi Jambi, dimana hingga saat ini terus menjaga semangat dan kekompakan dalam mempersiapakan atlet-atlet terbaik untuk berlaga di PON XX Papua.

"Tentu ini menjadi kebanggan kita, dengan nama baik keluarga dan Provinsi Jambi pada umumnya. Saya berharap, apa yang dilakukan atlet-atlet, pelatih, official selama ini akan mendapatkan prestasi yang baik, dapat mengharumkan nama Provinsi Jambi dengan bertanding secara fair play," harapanya.(*)