Jamu Dubes Norwegia, Al Haris Komitmen Menjaga Hutan Provinsi Jambi

By Maas, SH 25 Nov 2021, 07:43:42 WIB JAMBI MANTAP
Jamu Dubes Norwegia, Al Haris Komitmen Menjaga Hutan Provinsi Jambi

Keterangan Gambar : Jamu Dubes Norwegia, Al Haris Komitmen Menjaga Hutan Provinsi Jambi


Mediajambi.com - Gubernur Jambi H Al Haris menerima kedatangan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Ruth Kruger Giverin di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa(24/11/2021) malam.

"Alhamdulillah malam hari ini tentu kita bahagia sekali  menerima kunjungan kehormatan dari ibu Ruth Kruger Giverin di mana beliau ini baru pertama kali melakukan kunjungan kerja sejak menjadi Duta Besar untuk Indonesia" ujarnya.

Al Haris mengatakan berdasarkan data saat ini, Provinsi Jambi terus mengalami degradasi dan deforestasi, sehingga kawasan hutan yang ada hanya berkisar 41 %. Seyogyanya dalam hal konservasi dan perlindungan, kita masih memiliki empat hutan konservasi dan hutan lindung yang berfungsi sebagai Taman Nasional, yaitu: Taman Nasional Kerinci Seblat; Taman Nasional Bukit Dua Belas; Taman Nasional Bukit Tiga Puluh; dan Taman Nasional Berbak Sembilang;

Sebagai bentuk komitmen Provinsi dalam mendukung kebijakan Nasional, Pemerintah Provinsi Jambi telah menerbitkan Peraturan Gubernur Nomor 36 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca (RAD-GRK). Rencana aksi tersebut melibatkan tiga sektor yang berpotensi sebagai sumber emisi yakni: Kehutanan dan Lahan, Energi dan Transportasi, serta Pengelolaan Limbah.

"Salah satu bentuk kerja sama yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, sebagai upaya penurunan emisi adalah Program BioCF ISFL merupakan pendanaan multilateral, yang didukung oleh negara donor (Jerman, Norwegia, Swiss, Inggris, Amerika) dan dikelola oleh Bank Dunia dengan menetapkan 2 Provinsi dan salah satunya adalah Provinsi Jambi menjadi areal program" lanjutnya

"Program ini mempromosikan pengurangan emisi gas rumah kaca dari sektor lahan, deforestasi dan degradasi hutan di negara negara berkembang (REDD+), pertanian berkelanjutan, serta perencanaan, kebijakan dan praktek penggunaan lahan yang lebih baik dengan melibatkan berbagai unsur pemerintahan antar tingkatan dan masyarakat, NGO serta pelaku usaha. Dan saya memastikan juga bahwa teman-teman NGO di Provinsi Jambi juga telah melakukan kerjasama dengan lembaga donor termasuk yang didanai oleh salah satunya Norwegia" jelasnya

"Pada kesempatan ini saya sangat berterima kasih kepada Negara Norwegia yang juga sebagai salah satu sponsor pendanaan program-program berkaitan dengan perubahan iklim. Tentunya, dengan dukungan dari negara negara donor dapat memberikan kontribusi bagi Provinsi Jambi dalam mendorong pembangunan ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya bagi wilayah-wilayah yang memberikan kontribusi dan berkomitmen menurunkan emisi"sambungnya

"Besar harapan kami juga bantuan dari negara Norwegia yang nantinya berkolaborasi bersama teman-teman dari NGO yang berada di Jambi dan perguruan tinggi serta dimungkinkan pelibatan private sectors untuk melakukan riset ataupun ikut serta membangun Provinsi jambi dengan konsep pembangunan berkelanjutan dan mendukung penurunan emisi karbon" tutupnya.

Selanjutnya Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Hesti Haris memberikan kenang-kenangan Khas Jambi untuk Duta Besar Norwegia Ruth Kruger Giverin.

Turut hadir Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Rektor Universitas Jambi Prof Sutrisno, Anggota DPRD Provinsi Jambi Rocky Chandra,Unsur Forkopinda Provinsi Jambi,  Rombongan Dubes Norwegia, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj. Hesti Haris dan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi (mas)