Kota Jambi Sukses Sebagai Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Serempak Pekan Vaksin Bagi Lansia

By Maas, SH 09 Jun 2021, 16:49:01 WIB KOTA
Kota Jambi Sukses Sebagai Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Serempak Pekan Vaksin Bagi Lansia

Keterangan Gambar : Kota Jambi Sukses Sebagai Tuan Rumah Pencanangan Gerakan Serempak Pekan Vaksin Bagi Lansia


Mediajambi.com– Kota Jambi sebagai tuan rumah pencanangan gerakan serempak pekan vaksinasi bagi Lanjut Usia (Lansia) se Provinsi Jambi, medapatkan apresiasi dari Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni, Selasa (8/6) kemarin, di lapangan tenis Disdik Kota Jambi.

Ini setelah, antusias Lansia Kota Jambi terlihat secara bertahap mendatangi lokasi vaksin. Tak lain, hal ini juga berkat instruksi dan arahan yang dilakukan Walikota Jambi, Syarif Fasha, terhadap ribuan ketua RT di Kota Jambi.

Di mana para ketua RT diwajibkan membawa minimal 3 Lansia untuk mendatangi lokasi vaksinasi di Kota Jambi. Setidaknya terdapat 20 titik vaksinasi massal yang dikoordinir Puskesmas masing-masing wilayah.

“Tiap hari akan ada 4.000 lansian divaksin. Pertanyaannya, untuk apa vaksin? Lansia ini rentan tertular Covid-19, vaksin memang bukan obat. Tapi  menjaga dan memunculkan antibody bagi penerima vaksin. Maka dari itu Lansia didahulukan untuk diberi vaksin,” jelasnya.

Memang, tidak semua Lansia dikatakan Syarif Fasha bisa menerima vaksin. Mereka akan terlebih dahulu diskrining. Bahkan, jika ada Lansia yang menginginkan vaksin, agar dapat menemui ketua RT setempat untuk difasiltiasi.

“Kalau mereka tidak mau, lapor saya. Saya copot nanti ketua RT nya, apalagi sampai diminta uang. Maka dari itu, dengan para ketua RT yang membawa Lansia. Mereka kita berikan intensif transportasi. Sementara nanti para Lansia pulang akan diantar oleh Babinsa atau Bhabinkamtibmas. Kita bekerja sama dengan TNI-Polri,” jelas Fasha.

Atas inisiasi dan kerja sama yang dibangun Pemkot Jambi itulah, Pj Gubernur Jambi, Hari Nur Cahya Murni mengapresiasi kepemimpinan Walikota Jambi, Syarif Fasha yang bisa melibatkan semua pihak untuk mensukseskan vaksinasi massal kategori Lansia.

“Saat ini memang capaian vaksinasi masih di bawah 50 persen. Apabila hingga besok belum tercapai, gerakan vaksin ini akan dilanjutkan hingga pekan mendatang. Ini juga agar masyarakat lebih sadar untuk mau divaksin, dan mendorong kabupaten kota lain untuk mencapainya. Apa yang dilakukan Pemkot Jambi dengan melibatkan semua pihak, itu patut dicontoh,” singkatnya. (Yen)