Literasi Digital Kabupaten Batanghari - Provinsi Jambi
(Kabupaten Batanghari/event Rabu, 10 November 2021, Jam 09.00 WIB)

By Maas, SH 10 Nov 2021, 16:29:54 WIB RAGAM
Literasi Digital Kabupaten Batanghari - Provinsi Jambi

Mediajambi.com - Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL. 

Sebagai Keynote Speaker Direktur Jenderal Aplikasi Informatika yaitu, Semuel Abrijani Pangarepan, B.Sc., dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Webinar membahas tentang LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN WAWASAN KEBANGSAAN oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing-masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Alfakihi, S.Pd., menjabarkan unsur-unsur kebudayaan, meliputi bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan dan teknologi, sistem mata pencaharian, sistem religi, serta kesenian. Wujud kebudayaan, meliputi sebagai benda hasil karya manusia, sebagai suatu komplek ide, nilai, dan norma, serta sebagai suatu komplek aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat. Puspa Ira Dewi Chandra Wulan, S.Kom., M.Cs., menjelaskan demokrasi lewat media sosial, dengan memahami demokrasi bukan kedok caci maki, demokrasi bukan untuk sekedar mencari kepuasan diri, demokrasi untuk menyatukan bukan menjatuhkan, serta demokrasi adalah sikap bukan sekedar banyak cakap. Menjadi pengguna internet haruslah bijaksana, bukan sekedar bisa, namun mampu cegah tipu dayanya, positif, kreatif dan aman di internet jadi hal utama. Manfaatkan media sosial untuk hal berguna, miliki jiwa demokrasi, bukan sekedar kedok belaka, demokrasi, serta jaga bersama.

Deka Heltien, S.Pd., menjelaskan cara bekomunikasi yang baik di ruang digital, meliputi berkomunikasi pada jam kerja, ucapkan salam dengan santun, sebutkan identitas, gunakan bahasa yang mudah dipahami, serta sabar dan santun. Marsefio Sevyone Luhukay, S.Sos., M.Si., menjelaskan cara menjaga keamanan digital, antara lain waspadai VPN gratis, gantis password secara berkala, rutin perbarui anti virus dan anti malware, serta selektif dalam memilih pertemanan di media sosial. Tips menyehatkan media sosial, dengan cara atur waktu mengakses internet, detoks media sosial secara berkala, hapus foto atau foto yang tidak pantas, tidak mengunggah data penting, serta mulai menata media sosial menjadi sarana personal branding. Webinar diakhiri dengan key opinion leader, oleh Ichal Faisal sebagai Broadcaster yang memberikan sharing session, mengenai meningkat wawasan kebangsaan dapat dimulai dari membuat konten atau karya yang berhubungan dengan budaya sekitar yang masih mementingkan nilai dan norma. Manfaatkan media sosial untuk hal yang positif dan bermanfaat agar dampaknya dapat dirasakan diri sendiri serta orang lain.