Literasi Digital Kabupaten Sarolangun - Provinsi Jambi
(Kabupaten Sarolangun/event Rabu, 24 November 2021, Jam 09.00 WIB)

By Maas, SH 24 Nov 2021, 15:44:25 WIB RAGAM
Literasi Digital Kabupaten Sarolangun - Provinsi Jambi

Mediajambi.com Dalam mencapai target 50 juta masyarakat Indonesia untuk mendapatkan Literasi di bidang Digital hingga 2024 oleh Presiden Jokowi,  Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL merupakan 4 (empat) pilar yang diberikan dalam kegiatan webinar Literasi Digital 2021.
Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjadi keynote speaker dalam webinar dengan tema besar KIAT-KIAT MELAWAN HOAKS yang dipaparkan oleh para nara sumber Nasional dan Lokal yang mempunyai kompetensi di bidangnya serta seorang Key Opinion Leader yang memberikan sharing session di akhir webinar.
Berita hoaks seringkali menggunakan judul sensasional yang provokatif, misalnya dengan langsung menudingkan jari ke pihak tertentu. Isinya pun bisa diambil dari berita media resmi, hanya saja diubah-ubah agar menimbulkan persepsi sesuai yang dikehendaki sang pembuat hoaks. Helmi, S.H., M.H Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun memaparkan bijak dalam bersosial media adalah orang yang selalu menggunakan akal budinya berlandaskan moral, agama dan peraturan yang ada dalam menggunakan media sosial. Bijak bersosial media dapat dikaitkan dengan etika berinternet atau internet ethics. 

Revianti, M.Pd Kepala SMPN 30 Padang menjelaskan cara mengatasi dampak negatif internet adalah menanamkan nilai-nilai sosial pada diri anak yang dapat memfilter dampak negatif, melakukan aktivitas bersama anak seperti berjalan-jalan, dan memberi batasan waktu dalam mengakses internet dalam sehari bagi anak. Drs. Muhammad Idrus mengatakan dalam menjalankan hak dan kebebasannya, setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan UU dengan maksud semata-mata untuk menjamin pengakuan dan penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral, nilai agama, keamanan dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat demokratis. Webinar diakhiri dengan Key Opinion Leader Ridzky Surya sebagai Publick Figure yang memberikan sharing session, kiat-kiat melawan hoaks. Apabila menemukan informasi hoaks, lalu bagaimana cara untuk mencegah agar tidak tersebar. Pengguna internet bisa melaporkan hoaks tersebut melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.