Mendikbudristek Nadiem Membagi Pengalaman Pertamanya Mendatangi SAD di Jambi

By MS LEMPOW 22 Sep 2021, 21:56:52 WIB RAGAM
Mendikbudristek Nadiem Membagi Pengalaman Pertamanya Mendatangi SAD di Jambi

Keterangan Gambar : Mendikbudristek Nadiem Membagi Pengalaman Pertamanya Mendatangi SAD di Jambi


Mediajambi.com- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim membagi pengalaman pertamanya mengunjungi Suku Anak Dalam (SAD) yang berada di Kabupaten Sarolangun, Jambi, pada hari Selasa, 21 September 2021 Kemarin.

Nadiem Mengatakan, bahwa dirinya banyak belajar dari SAD mengenai pembelajaran Pendidikan di pinggiran.

"Masyarakat itu (SAD), sangat berbeda pola pendidikannya dengan masyarakat umum di Indonesia. Tantangan guru-guru yang harus keluar hutan di siang hari untuk mencari anak murid, dikarenakan mereka berpindah-pindah lokasinya," katanya, Rabu (22/9).

Baca Lainnya :

Ia menjelaskan, guru-guru disana banyak cerita dengan dirinya, kalau guru-guru disana membawa makan untuk Murid-muridnya disana untuk menarik minat murid-muridnya untuk belajar.

"Membawa pakai untuk mereka. mereka juga meminta izin kepada orang tuanya untuk di memandikan mereka dan mencuci pakaian mereka kemudian dikembalikan lagi, ini luar biasa jasa-jasa guru untuk anak rimba," ujar Nadiem.

Kemudian, pada saat disana sekitar jam 11 dirinya mendengar suara langkah kaki menuju ketempatnya menginap. "Ternyata rombongan anak-anak naik keatas ketempat saya, nongkrong sama saya dan bergadang. Sekitar umur 8 tahun sampai 11 tahun," jelasnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa dirinya juga mendengarkan cerita anak-anak SAD disana. "Pengalaman berburu, pengalaman melihat orangtuanya mencari di laut dan juga pengalaman mereka pada saat belajar," ungkapnya.

Dirinya mengatakan, pengalaman bersama SAD di Kabupaten Sarolangun, Jambi, tidak akan pernah dilupakannya. "Jadi pengalaman itu, tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya," tutupnya.(Yen)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment