Mutiara, Atlet Dayung Jambi Bangga Lolos ke Olimpiade

By Maas, SH 25 Mei 2021, 16:24:04 WIB Olahraga
Mutiara, Atlet Dayung Jambi Bangga  Lolos ke  Olimpiade

Keterangan Gambar : Mutiara, Atlet Dayung Jambi Bangga Lolos ke Olimpiade


Mediajambi.com - Mutiara Rahma Putri, atlet dayung Pengprov PODSI Jambi bangga bisa lolos ke Olimpiade 2020 Tokyo, Juli 2021 mendatang. Dia bersama Melani putri lolos dinyatakan lolos pada kualifikasi rowing zona Asia/Oceania di Tokyo, Jepang, 5-7 Mei lalu. 
"Alhamdulilah, saya bangga bisa lolos Olimpiade. Tidak pernah terpikirkan oleh saya semua ini," ujarnya kepada Mediajambi.com yang menghubunginya, Senin.

Saat ini Tiara tengah menjalani pemusatan latihan untuk Olimpiade juga Sea Games. Bagi Tiara selain berlatih serius, apa yang diraihnya juga tidak terlepas dari doa mama nya. "Ini berkat doa ibu saya yang merestui dan selalu mendoakan saya agar terus berprestasi," katanya. 

Banyak prestasi diraih Tiara di cabor dayung. Pelajar SMA Ragunan ini pernah meraih medali emas cabang olahraga dayung rowing kelas W1X (Women Single Scull) di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XV/2019 di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat. Pada Sea Games tahun 2019 di Palembang Sumsel, Mutiara juga meraih medali perunggu.

Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Budiman Setiawan, mengatakan Mutiara/Melani akan mewakili Merah Putih pada nomor lightweight women double sculls (LWX2).

"Kami sangat bersyukur karena bisa meloloskan atlet di Olimpiade, yaitu Mutiara/Melani yang turun di nomor lightweight women double sculls (LWX2). Kepastian penampilan mereka juga menjaga partisipasi keikutsertaan rowing di Olimpiade," kata Budiman dalam siaran pers KOI, Senin.
Berlaga di Sea Forest Waterway, Teluk Tokyo, Mutiara/Melani finis pada posisi keempat dengan mencatatkan waktu 7 menit 35,71 detik.

Sementara itu posisi pertama diraih oleh pasangan tuan rumah Chiaki Tomita/Ayami Oishi dengan catatan waktu 7 menit 15,84 detik, diikuti pasangan Vietnam Thi Thao Luong/Thi Hao Dinh (7 menit 17,34 detik) dan Zeinab Norouzi Tazeh Kand/Kimia Zarei dari Iran (7 menit 23,86 detik).

Namun Iran sudah mengantungi satu tiket sehingga posisi Indonesia pun naik ke peringkat ketiga dan lolos kualifikasi ke pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Sebagai persiapan ke Tokyo, Mutiara/Melani akan difokuskan latihan di dalam negeri dengan melanjutkan pemusatan latihan di Pengalengan, Jawa Barat.(Lin)