Pekan Ini Tiga Wilayah di Provinsi Jambi Bebas dari Covid-19

By MS LEMPOW 18 Des 2021, 12:10:09 WIB RAGAM
Pekan Ini Tiga Wilayah di Provinsi Jambi Bebas dari Covid-19

Keterangan Gambar : Kabid Komunikasi Publik Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah


Mediajambi.com – Pekan ini tiga wilayah di Provinsi Jambi terbebas dari Covid-19 dan masuk zona hijau. Wilayah tersebut yaitu Kerinci,Tebo dan Kota Sungai Penuh. Penentuan zonasi ini didasarkan hasil survey bahwa ditiga wilayah ini tidak ada penambahan warga yang terkonfirmasi.

Kabid Komunikasi Publik Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi Johansyah mengatakan turunnya angka terkonfirmasi ini disebabkan capaian vaksinasi telah mencapai 70,33 persen atau 1.889.165 jiwa dari target sasaran 2.686.193 jiwa pada dosis pertama. “Sedangkan dosis dua baru 49,85 persen,” ujarnya, Sabtu (18/12/2021).

Saat ini kata Johansyah jumlah warga yang terkonfirmasi berjumlah 29.780 kasus. Pasien yang sembuh 28.977 orang, meninggal dunia 780 dan dalam proses 25 orang.  Saat ini semua wilayah di Provinsi Jambi sudah resiko rendah.  "Kita berharap tidak terjadi penambahan warga yang terkonfirmasi dan di kabupaten ini dapat mempertahankan zonanya," ujarnya.

Baca Lainnya :

Meski demikian warga harus tetap waspada dan tidak lengah, jangan sampai terjadi ledakan seperti sebelummnya. "Mari kita patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker keluar rumah, mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir dan tidak berkerumun atau biasa disebut 3M," ucapnya.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat semua wilayah bisa masuk zona hijau. Asalkan warga patuh dan tidak melanggar prokes. Karena untuk penanganan covid-19 ini tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Tapi harus ada dukungan dari semua pihak, ada kolaborasi antara pemerintah, swasta dan masyarakat," ujarnya lagi.

Dia yakin bila masyarakat patuh maka pandemi dapat usai dan bisa beraktivitas sebagaimana biasanya. Dengan demikian ekonomi akan pulih kembali. "Ayo kepada warga yang belum vaksin segera lakukan vaksinasi ditempat-tempat yang telah disediakan pemerintah," ucapnya.

Dikatakannya, kemaren terjadi penambahan 2 orang berasal dari Tebo dan Tanjab Timur dan 2 orang lainnya sembuh berasal dari Kota Jambi. Adapun sebaran kasus Covid-19 di Provinsi Jambi sebagai berikut Kota Jambi 3 orang, Muarojambi 1 orang, Batanghari 7 orang, Tebo 2 orang, Merangin 2 orang, Kerinci 5 orang, dan Tanjab Barat 5. 

“Ada empat wilayah yang sudah tidak ada lagi pasien terkonfirmasi yaitu Bungo, Sarolangun, Tanjab Timur dan Sungai Penuh,” ungkapnya. “Kita mengingatkan kepada warga agar tetap waspada jangan sampai terjadi penambahan secara siginifikan menjelang libur Natal dan tahun Baru.(maas)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment