Pemerintah Gencar Lakukan Vaksinasi Massal

By Maas, SH 01 Jul 2021, 21:58:26 WIB RAGAM
Pemerintah Gencar Lakukan Vaksinasi Massal

Keterangan Gambar : Pemerintah Gencar Lakukan Vaksinasi Massal


Mediajambi.com - Meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Provinsi Jambi, pemerintah terus melakukan vaksinasi di 11 kabupatenkota dalam Provinsi Jambi. Pada tanggal 6 Juni lalu dilakukan vaksin serentak untuk lansia dan pada tanggal 26 Juni 2021 juga dilakukan vaksinasi untuk warga yang telah berusia 18 tahun keatas.

Untuk diketahui hingga saat ini dari sasaran 535.632  orang yang telah divaksin pada dosis pertama sebanyak 258.841 dan pada dosis kedua  128.566 orang.  Banyak warga yang ditunda penyuntikan vaksin COVID-19 salah satunya karena saat dilakukan pemeriksaan kesehatan, tensi atau tekanan darah tenaga kesehatan tersebut cukup tinggi. Sehingga tidak di anjurkan dilakukan penyuntikan vaksin COVID-19.

Selain Pemprov Jambi Polda Jambi dan Korem 042/Gapu juga melakukan vaksinansi masal. Target yang ditetapkan setiap kabupaten/kota 1.500 dosis vaksin nampaknya tercapai. Pasalnya Bupati mewajibkan seluruh ketua RT untuk membawa warganya ikut vaksin.

Gerakan satu juta vaksinasi COVID-19 di Provinsi Jambi di pusatkan di dua daerah. Yakni di Kabupaten Tanjab Barat pada hari ini, Sabtu (26/6) dan di Kabupaten Kerinci pada Minggu (27/6) di Lapangan Bola Kayu Aro.

Bupati Kerinci, Andi Rozal menyampaikan untuk mendukung pelaksanaan program pemerintah pusat, satu juta vaksin perhari, maka Kabupaten Kerinci mentargetkan 1500 vaksin perhari.  “Kami ingin menyampaikan sehubungan dengan hasil vaksinasi hari ini, bahwa sasaran kabupaten Kerinci untuk Vaksinasi adalah 45.158, vaksin yang sudah diterima selama ini yang telah kita lakukan adalah 17.640 orang, yang telah sudah divaksin adalah 17.510 orang, berarti 99,26 % sudah disebarkan vaksin. Dari paket 45.158, 17 yang sudah di vaksin, terasa sangat kecil buk, baru 38,77 %, maka sasaran  kita selanjutnya hari ini ada 1500 target kita”, ungkapnya.

Pemerintah Tanjung Jabung Barat, juga menargetkan 1.500 orang warga di daerah itu divaksinasi COVID-19 pada gerakan satu juta vaksinasi COVID-19. Bupati Tanjung Jabung Barat Anwar Sadat mengatakan vaksinasi masal COVID-19 dilaksanakan dalam empat tahap. Tahap pertama untuk tenaga kesehatan, kedua pelayan publik, ketiga untuk masyarakat rentan dan ke empat untuk pelaku ekonomi esensial dan masyarakat umum.

“Kita sangat berterima kasih karena Kabupaten Tanjab Barat dijadikan sebagai pusat pelaksanaan vaksinasi masal se Provinsi Jambi, harapannya ini berjalan dengan baik,” katanya.

Pj Gubernur Jambi Pemerintah Provinsi Jambi sangat mendukung Program Pemerintah Pusat yang menargetkan satu juta Vaksin perhari sehingga terbentuk kekebalan kelompok dalam masyarakat terhadap Virus Covid-19, atau yang dikenal sebagai system Herd Immunity.  “Untuk mengawal Vaksinasi, mendukung program satu juta vaksin setiap hari. Vaksinasi tersebut dilakukan secara bertahap sampai memenuhi target kekebalan kelompok atau Herd Immunity,” ujarnya.

Hari Nur Cahya Murni mengatakan penanganan secara medis melalaui pengujian, penelusuran dan perawatan, pemerintah juga melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat. Dimana vaksinasi tersebut merupakan ikhtiar yang dilakukan oleh negara untuk bangkit melawan COVID-19. Vaksinasi COVID-19 tersebut diharapkan dapat mewujudkan kekebalan kelompok.(mas)




Loading....


Online Support (Chat)

maas_sh