Penggali Kubur Korban Covid-19 Minta Masyarakat Jalankan Prokes

By Maas, SH 04 Jun 2021, 08:58:57 WIB RAGAM
Penggali Kubur Korban Covid-19 Minta Masyarakat Jalankan Prokes

Keterangan Gambar : Penggali Kubur Korban Covid-19 Minta Masyarakat Jalankan Prokes


Mediajambi.com -  Siswanto (37) seorang penggali kubur korban Covid19 di Kota Jambi, meminta masyarakat agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Dia mengaku prihatin karena selama pasca lebaran 1442 Hijriah ini, semakin banyak yang meninggal dunia.

"Saya sedih ketika menguburkan mayat korban Covid19, karena keluarga hanya bisa melihat saja dari jauh," katanya ketika berbincang dengan Media Jambi di TPU Pusara Agung, Rabu.

Menurut Iwan yang juga merupakan penjaga TPU Pusara Agung, pasca Lebaran hampir setiap hari dia menguburkan korban covid. "Kalau biasanya hanya satu orang sekali kubur, Minggu lalu, tiga hari berturut turut setiap hari dikuburkan sampai 5 orang," jelasnya. Ketika ditemui Rabu kemarin, dia baru saja menguburkan dua orang korban covid 19 non muslim di TPU Bumi Langgeng. TPU Pusara Agung khusus untuk muslim.

Menurut Iwan, hingga Mei 2021 ini sudah 148 orang dikuburkan disana, 3 diantaranya anak anak. "Saya menghimbau masyarakat agar menjalankan Prokes dengan baik,ikuti aturan pemerintah supaya tidak menjadi korban Covid 19," katanya. Dia mengaku sering sedih, karena keluarga saat pemakaman hanya bisa melihat dari jauh. Kalau ingin mendekat harus menggunakan APD. "Keluarga boleh ikut mengazankan mayat, tetapi harus menggunakan APD lengkap," katanya. Namun dia memastikan, prosesi pemakaman sudah sesuai dengan syariat Islam. (lin)