PSU Pilgub Jambi, Haris-Sani Terpilih Sebagai Gubernur Jambi

By Maas, SH 04 Jun 2021, 09:37:02 WIB JAMBI TUNTAS
PSU Pilgub Jambi, Haris-Sani Terpilih Sebagai Gubernur Jambi

Keterangan Gambar : Al Haris-Abdullah Sani dinyatakan unggul di PSU Pilgub Jambi dari dua lawan kandidatnya, yakni paslon Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Fachrori-Safril Nursal.


Mediajambi.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menggelar rapat pleno penetapan rekapitulasi suara untuk pemilihan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi. Hasil pemilihan suara ulang (PSU) Pilgub Jambi itu, paslon Al Haris-Abdullah Sani meraih suara terbanyak dan secara remi terpili sebagai Gubernu dan Wakil Gubernur Jambi.

"Alhamdulillah hasil pleno sudah berjalan aman dan lancar. Dalam hasil itu, suara paslon Al Haris-Abdullah Sani meraih total 600.733. Suara itu adalah suara gabungan dari hasil Pilgub 9 Desember lalu ditambah dengan hasil PSU kemarin," kata Ketua KPU Jambi Subhan, Kamis (3/6/2021).

Al Haris-Abdullah Sani dinyatakan unggul di PSU Pilgub Jambi dari dua lawan kandidatnya, yakni paslon Cek Endra-Ratu Munawaroh dan Fachrori-Safril Nursal. Haris-Sani yang diusung PAN, PKB dan PKS itu mampu memenangkan pilgub dan PSU dengan suara terbanyak.

Sedangkan perolehan suara Cek Endra-Ratu Munawaroh yang diusung PDIP dan Golkar meraih suara 587.918. Sementara paslon nomor urut 02 Fachrori-Syafril meraih suara 381.634.

Bawaslu Jambi menyebutkan PSU berjalan aman lancar dan kondusif. Bawaslu Jambi juga tidak menemukan adanya kejanggalan. "Tadi sudah kita sama-sama ketahui dalam rapat pleno rekapitulasi suara PSU Pilgub Jambi tadi semua berjalan aman lancar. Kemudian juga kita lihat semua saksi dari tiga paslon Pilgub Jambi semua juga sama-sama sepakat menandatangani atas hasil pleno yang telah diputuskan. Maka di PSU Pilgub Jambi semua sudah dijalankan sesuai dengan apa yang telah diputuskan oleh Mahkamah Agung," kata anggota Bawaslu Jambi, Fachrul Rozi.

Fachrul Rozi, atau yang kerap disapa Paul, juga berharap hasil rapat pleno rekapitulasi suara di PSU Pilgub Jambi ini berjalan lancar. "Mari saatnya kita menatap ke depan lagi, PSU Pilgub Jambi yang telah diperintahkan untuk dilaksanakan di 88 TPS di 5 kabupaten di Jambi sesuai putusan MK juga sudah berjalan secara demokrasi. Tidak ada kejanggalan apa pun yang kita temukan, dan semua berjalan aman dan lancar. Saat ini kita tinggal menatap ke depan bagaimana seusai pilkada ini agar pembangunan Jambi dapat berjalan dengan baik. Itu saja," ujar Paul.

Sementara itu, tim paslon Cek Endra-Ratu Munawaroh tidak akan melakukan gugatan di MK atas hasil pleno PSU Pilgub Jambi. "Kami dari Paslon nomor urut satu dengan ini menerima hasil Pilgub Jambi 2020. Memang berat menerima hasil Pilgub Jambi, maka dengan ini saya mengucapkan terima kasih dan mohon maaf kalau ada kekurangan," ujarnya.

Berikut ini data suara berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi PSU Pilgub Jambi:

Kabupaten Kerinci  : Paslon 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 29.717 suara, paslon 02 Fachrori-Syafril meraih 50.330 suara dan paslon 03 Haris-Sani meraih 26909 suara.

Kabupaten Batanghari : Paslon 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 63.045 suara paslon 02 Fachrori-Syafril 30.555 suara dan paslon 03 Haris-Sani 58.249 suara.

Kabupaten Muarojambi : Paslon Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 62.478 suara, paslon 02 Fachrori-Syafril 27.746 suara sedangkan paslon 03 Haris-Sani meraih 65.008 suara.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur : Paslon 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 53.041 suara paslon 02 Fachrori-Syafril meraih 24.862 suara dan paslon 03 Haris-Sani 45.660 suara

Kota Sungaipenuh : Paslon 01 Cek Endra-Ratu Munawaroh meraih 11.280 suara, paslon 02 Fachrori-Syafril: 35.957 suara dan paslon 03 Haris-Sani 6.862 suara.(mas)