Pulang Kampung, Al Haris Disambut Adat dan Tradisi Khas Jangkat

By Maas, SH 14 Nov 2021, 20:05:13 WIB JAMBI MANTAP
Pulang Kampung, Al Haris Disambut Adat dan Tradisi Khas Jangkat

Mediajambi.com - Gubernur Jambi H.Al Haris, beserta Istri Hj.Hesti Haris pulang ke kampung halamannya di Muara Madras, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Sabtu(13/11/2021).

Kedatangan Gubernur beserta istri di sambut hangat oleh masyarakat dan pemangku adat Muara Madras dengan Adat dan Tradisi Nenek Moyang Kampung halamannya. Selain Gubernur Jambi, hadir pula Zoztafia, M.Pd.I Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi dan Ir. Fajarman, M.Si yang menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Merangin.

Seperti yang kita lihat, Gubernur diberi Lita Dari Kain untuk kepala, Parang di Pinggang dan diberi cangkul oleh pemangku adat Muara Madras.

Sedangkan Ibu Hesti juga diberi Tengkuluk dari Sarung (Kain) di kepala dan Kiding anyaman dari Bambu.

Dikatakan Tokoh Pemuda Jangkat, Hasan Mabruri "Mereka adalah putra-putra terbaik kecamatan Jangkat untuk memimpin negri, tentu mereka kita panggil pulang kemudian kita berikan simbol-simbol desa asal mereka. Kita beri cangkul, kita beri parang, dan kita beri ikat kepala. Dimana dulu saat orang tua kami, leluhur kami saat pergi kekebun, saat pergi kesawah itulah modal atau bahasa dusunnya "Pekai" yang dipakai untuk mencari nafkah" ujarnya.

"Hari ini kami berikan kepada mereka agar mereka ingat asal-usul mereka dan selama mereka memimpin, masyarakat Jangkat mendoakan mereka agar bisa berpihak kepada masyarakat luas, kepada rakyat kecil seperti asal usul mereka dulu" tutupnya. (mas)