Seniman Jambi Berduka Mbah Wiro Telah Tiada

By Maas, SH 03 Mei 2021, 07:39:58 WIB RAGAM
Seniman Jambi Berduka Mbah Wiro Telah Tiada

Keterangan Gambar : Seniman Jambi Berduka Mbah Wiro Telah Tiada


Mediajambi.com - Seniman Jambi berduka. Mbah Wiro, musisi besar Jambi, guru vokal yang menelurkan banyak penyanyi Jambi terkenal, Minggu (2/5) meninggal dunia di RS Sungai Kambang Jambi. Jenazah seniman bernama asli Adiwarman Sanie Bin Abdullah Sanie, akan dimakamkan di TPU Sungai Kambang, Senin (3/5).

Di mata Endang Supriadi, guru vokal dan musisi yang juga muridnya, Wiro adalah seniman besar. "Makanya dia dipanggil Mbah, karena begitu tinggi ilmu musiknya," kata Endang.

Endang mengatakan dirinya dan banyak seniman Jambi merasa sangat kehilangan. "Karena almarhum selain multi talenta juga tidak segan berbagi ilmu," katanya.

Duka juga disampaikan Iif Ranupane, penyair dan penyanyi. "Dia seniman besar, dia diberikan anugerah oleh Allah talenta yang luar biasa. saya pribadi, dan Jambi sangat kehilangan," katanya seraya mendoakan almarhum sampai ke tempat tujuan, tempat yang Allah janjikan. "Kami juga berterima kasih atas jasa beliau khususnya di bidang seni musik, vokal dan instrumentalia," jelasnya.  

Wiro dilahirkan di Jambi teparnya di Kenali Asam, 1 Oktober 1955. Almarhum pernah main di beberapa band ternama di Janbu, yaitu Band Uril, Band Pemda, Band UNJA dan menjadi anggota Korp Musik Korem 042 Gapu Jambi.

"Tahun 1987 almarhum mendirikan Sanggar Seni Melodoens Jambi sampai akhir hayatnya," kata Endang. 

Di Sanggar Melodiens Jambi inilah almarhum membina kesenian daerah Jambi,

membina kesenian musik melayu, melatih Vokal Grup, melatih paduan suara hingga membuka kursus musik, mulai dari gitar, drums, piano,vokal,notasi angka&balok.

" Almarhum juga sering menjadi juri lomba2 musik band,gitar klasik, musik tradisi dan menjadi juri lagu solo,vokal grup&paduan suara," kata Endang yang menjadi anggota Melodiens.

"Dia merupakan komposer musik, vokal grup, paduan suara-pencipta lagu daerah Jambi," katanya.

Hanya kata Endang ada cita-cita almarhum yang belum terealisasi, yaitu memecahkan rekor  Rekor MURI (Museum Record Indonesia) dengan menyelenggarakan Konser Medley Vokal Grup lagu lagu Daerah Nusantara (34 Provinsi di Indonesia). "Konser secara Live  sekitar 100 lagu daerah gagal karena terkendala dana padahal mereka sudah latihan sekitar 2 bulan," katanya.

Wiro adalah guru yang juga menghasilkan banyak penyenyi ternama, seperti  Hari, juara 3 Liga Dangdut Indosiar 2019.

"Banyak pemain musik, penyanyi dan pelatih pelatih vokal yg ada di Kota Jambi pernah belajar dengan almarhum. Selain Hari Lida, banyak yang lainnya," katanya.

Pelatih Vokal Jambi yang pernah menjadi murid beliau, Endang Supriadi, Umar Dani, Absar, Yul Ichsan dan masih banyak lagi. Begitu juga pemain musik dan komposer musik Jambi yg pernah jadi murid beliau antara lain,  Andi Gomes, Zul Gomes.

Fery Edwar(Fery) dan Agin Ginanjar(Agin)

Almarhum memiliki ratusan aransemen Vokal grup dan Paduan suara, juga puluhan aransemen musik baik lagu daerah dan aransemen lagu melayu. (Lin)