Vaksinasi Gotong Royong Dorong Kekebalan dan Produktivitas bagi Pekerja

By Maas, SH 22 Mei 2021, 11:43:23 WIB DAERAH
Vaksinasi Gotong Royong Dorong Kekebalan dan Produktivitas bagi Pekerja

Keterangan Gambar : Vaksinasi Gotong Royong Dorong Kekebalan dan Produktivitas bagi Pekerja


Mediajambi.com - Guna menjaga kesinambungan perekonomian di tengah pandemi, maka pekerja harus mendapatkan perlindungan dari risiko terpapar virus COVID-19. Pekerja harus mendapatkan prioritas vaksinasi, salah satunya dengan mekanisme vaksin gotong royong.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Reisa Broto Asmoro memaparkan, vaksinasi Gotong Royong adalah program vaksinasi yang diberikan kepada karyawan/karyawati atau keluarga dan individu yang pembiayaannya dibebankan kepada badan usaha. “Penerima vaksinasi Gotong Royong dengan skema ini tetap tidak akan dipungut biaya alias gratis, sama dengan penerima vaksin program pemerintah yang tidak dikenakan biaya apapun,” ujar Reisa.

Menurutnya, vaksin Gotong Royong adalah upaya pihak swasta yang dipelopori oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), bekerja sama dengan pemerintah terutama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Kesehatan untuk berkontribusi menyukseskan dan mempercepat vaksinasi COVID-19.

“Inisiatif vaksin gotong royong ini adalah niat baik dari kalangan perusahaan untuk mendukung percepatan capaian vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Dengan program vaksinasi Gotong Royong ini diperkirakan puluhan juta karyawan yang didaftarkan olehperusahaan akan menerima vaksin dalam waktu dekat,” kata  Reisa. 

Dikatakannya meski telah divaksinasi para pekerja dan juga seluruh masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan karena pandemi masih belum berakhir. Bahkan di beberapa negara tetangga juga kembali terjadi lonjakan kasus COVID-19.

"Perekonomian digerakkan oleh pekerja. Mereka yang melakukan aktivitas produktif menciptakan nilai tambah atau output di perekonomian. Untuk itu pekerja harus mendapatkan prioritas vaksinasi, demikian juga dengan para keluarga para pekerja. Salah satunya dengan mekanisme vaksin gotong royong," ujar Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah.

Dia menegaskan, dengan argumentasi tersebut, jelas bahwa vaksinasi bagi pekerja adalah bagian dari upaya memulihkan perekonomian nasional. Menurut Piter, keberhasilan vaksinasi secara menyeluruh termasuk kepada pekerja akan mendorong percepatan terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Yang pada akhirnya membantu berakhirnya pandemi, sehingga pemulihan ekonomi nasional bisa segera terjadi," katanya.

Dia juga mengingatkan, vaksinasi sudah dijamin akan diberikan secara gratis, sehingga tidak ada istilah pekerja harus membayar untuk mendapatkan vaksinasi, karena yang menanggung biaya adalah pihak perusahaan. "Vaksinasi gotong royong adalah upaya untuk menanggung beban biaya vaksin bersama-sama agar bisa terjadi percepatan pelaksanaan vaksinasi," ujar Piter. (mas)