Wine Cita Rasa Baru Kopi Liberika Tungkal

By Maas, SH 17 Mar 2021, 14:39:52 WIB USAHA
Wine Cita Rasa Baru Kopi Liberika Tungkal

Keterangan Gambar : Wine Cita Rasa Baru Kopi Liberika Tungkal


Mediajambicom - Petani kopi di Kecamatan Betara Kabupaten Tanjabar berhasil membuat kopi wine. Kopi dengan tingkat pengeringan yang lebih lama dan difermentasi ini cukup diminati dan memiliki harga jual yang lebih tinggi. 

Menurut Badrin, petani kopi Liberika dari Betara Tanjabar, kopi wine memiliki cita rasa khusus, beraroma anggur.  "Proses pengeringannya lebih lama dibandingkan jenis honey atau natural," jelasnya ketika ditemui di sela sela acara Jelajah Jambi di Gubernuran Jambi, Selasa (16/3).

Menurutnya, jika kopi biasa hanya memakan 15 hari untuk pengeringan maka pembuatan wine hingga 45 hari. "Cara pengolahannya dan estimasi fermentasinya memang beda, jauh lebih lama," jelasnya.

Untuk harga juga jauh berbeda. Jika jenis honey hanya Rp 100 ribu perkilogram, natural Rp 150 ribu makan wine mencapai Rp 300 hingga 500 ribu sesuain gradenya. 

Pemasarannya juga sudah meluas, selain memenuhi permintaan coffea shop di Kota Jambi juga dikirim ke Jakarta, Bandung dan Bali.

Badrin juga membuat kopi wine setiap bulan sebanyak 100 kilogram. "Ya setiap bulan kalau kopi natural bisa smapai 300 kg, untuk wine baru 100 kg. Karena proses pengeringannya lebih lama," jelasnya

Kabid Pengolahan,  Standardisasi dan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ir Putri Rainun mengatakan kopi wine ini tidak memabukan. 

"Namanya saja wine, tetapi tidak memabukan dan halal. Rasanya agak manis dan ada sensasi sendiri kayak minum anggur," jelasnya.

Aroma anggur pada minuman ini didapatkan karena memang biji kopinya diolah melalui proses fermentasi. Pengolahan biji kopinya tergolong unik, karena dijemur bersamaan dengan buahnya sekaligus, tanpa adanya proses pengupasan daging buahnya.
Proses penjemuran buah kopi lebih lama, idealnya hingga 60 hari dibawah panas terik. Penjemuran lebih lama karena saat proses itulah, ekstrak buah kopi itulah yang nantinya meresap kedalam biji kopi.

Informasi yang dikutip dari Kumparan.com menyebut kan hasil fermentasi daging buah kopi itulah yang kemudian mempengaruhi rasa biji kopi. Sehingga terciptalah aroma rasa kopi yang menyerupai wine atau anggur. Padahal dalam proses pembuatannya, tidak ada menggunakan bahan anggur sedikitpun.(Lin)




Loading....


Online Support (Chat)

maas_sh