YouTuber di Jambi Relakan Hotelnya Digunakan untuk Isolasi Pasien COVID-19

By MS LEMPOW 24 Jul 2021, 08:21:09 WIB RAGAM
YouTuber di Jambi Relakan Hotelnya Digunakan untuk Isolasi Pasien COVID-19

Keterangan Gambar : Bob Bee Builde, YouTuber asal Jambi


Mediajambi.com - Bob Bee Builder menunjukkan sikap heroik di tengah perkembangan kasus COVID-19. YouTuber asal Jambi ini merelakan hotelnya dipakai untuk isolasi pasien yang mengidap virus tersebut. 

Bukan tanpa alasan yang kuat Bob inginkan hotelnya berguna untuk masyarakat. Sensitivitasnya terketuk ketika melihat kasus perkembangan COVID-19 di Indonesia. "Saya lihat di berita dan media sosial, banyak sekali warga yang positif, akhirnya meninggal. Lalu ada yang pulang ke rumah dan isolasi mandiri, dan keluarganya terkena," tuturnya, Rabu (21/7). 

Dari sana, dia berpikir dan mencari tahu apa yang bisa dilakukan untuk membantu penanganan kasus tersebut. Kemudian dia mendapatkan gagasan Grand Hotel Malioboro miliknya dapat digunakan untuk isolasi pasien COVID-19. 

Baca Lainnya :

Hotel yang terletak di Sungai Asam, Kecamatan Pasar, Kota Jambi itu dibangun 4 tahun yang lalu. Ada 40 kamar dan ruangan meeting. Daya tampung diperkirakan bisa untuk 300 orang. 

Grand Hotel Malioboro memang sengaja ditutup sementara sejak perkembangan pandemi COVID-19. Namun, kini bagi Bob hotelnya bisa lebih berguna untuk masyarakat, sekaligus membantu pemerintah di tengah keterbatasan ruang isolasi pasien COVID-19. "Saya hanya bisa menyediakan bangunan ini beserta isinya, termasuk ranjang dan kulkas. Di sini tidak alat kesehatan, karena saya bukan nakes. Jadi, pemerintah bisa mengelola," kata Bob. 

Baginya, penggunaan Grand Hotel Malioboro mungkin mengurangi tingkat resiko penularan COVID-19 akibat isolasi mandiri di rumah. 

Dari pada isolasi mandiri di rumah dan klaster keluarga muncul lagi. Lebih baik bangunan ini digunakan untuk isolasi," jelasnya. 

Namun, karena gagasan itu terbilang baru muncul di telinga masyarakat dan pemerintah, belum ada keputusan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi. Bob masih menunggu arahan dari pihak pemerintah. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Ida Yuliati menanggapi baik niat Bob tersebut. "Pada prinsipnya kami sangat senang sekali ya kalau ada yang mendukung isolasi mandiri," katanya. 

Ia pun meminta kepada Bob agar dapat mendiskusikan rencana penggunaan hotel tersebut sebagai tempat isolasi. Apalagi banyak hal teknis yang perlu dilakukan untuk pasien COVID-19. "Seperti hasil PCR berdasarkan nilai CT berapa saja yang boleh melakukan isoman (isolasi mandiri), seperti apa makannya, dan lain sebagainya," jelasnya. 

Jika Walikota Jambi mengetahui tentang detilnya dan menginstruksikan, Dinas Kesehatan Kota Jambi bakal menindaklanjuti.

"Setelah ada instruksi dari Walikota Jambi kebijakannya apa, barulah kami membuat syarat, aturan dan SOP," pungkasnya. (Yen)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment