Dekranasda Muaro Jambi Adakan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tenun

By Maas, S.H 13 Des 2022, 12:03:24 WIB USAHA
Dekranasda Muaro Jambi Adakan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tenun

Keterangan Gambar : Dekranasda Muaro Jambi Adakan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tenun/f-mas


Mediajambi.com - Ketua Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi, Faradilah Zahara Deliansyah, meninjau pelaksanaan kegiatan edukasi alam peserta tenun binaan Dekranasda dan penutupan pelatihan tenun program Pendidikan Kecakapan Wirausaha PKW tekun tenun Indonesia tahun 2022 yang berlangsung di Hutan Sembesu Desa Solok.

Pelatih tenun dan pilihan peserta kegiatan ini, pemerintah Kabupaten Muaro Jambi bekerja sama dengan tenaga fungsional yang mahir dan punya nilai bakat seni dalam melatih anak-anak muda. Selain itu ada bantuan dari Direktorat Kursus dan Pelatihan-Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek, serta Dekranas Pusat, Dekranasda Provinsi Jambi dan Dekranasda Kabupaten Muaro Jambi.

Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha PKW Tekun Tenun Indonesia tahun 2022, sudah berjalan sejak pertengahan bulan Oktober 2022 yang lalu. Kabupaten Muaro Jambi menjadi salah daerah yang mengikuti program tersebut.

Lebih lanjut, tujuan pelatihan ini, selain untuk mempertahankan kelestarian warisan budaya, juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi para pengrajin.

Baca Lainnya :

“Saya ingin Muaro Jambi memiliki kain tenun songket  yang  mempunyai motif khas kabuapten Muaro Jambi juga  berkualitas baik, dan dapat mengingkatkan ekonomi kreatif,” harap Faradilah.

Dirinya akan terus mendukung dan mendorong para perserta pelatihan tenun di Muaro Jambi untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan dalam menenun kain.

Faradilah, mengatakan bahwa ada 7 peserta muda Muaro Jambi yang akan mengikuti pelatihan tenun, membatik dan enceng di Pekalongan Jawa Tengah untuk  diberikan ilmu teknik.

“Melalui pelatihan tenun, membatik dan enceng di Pekalongan, Faradilah,  berharap akan ada inovasi yang dimunculkan sebagai motif baru, baik dari segi desain maupun pewarnaan, sehingga dapat meningkatkan kualitas produksi kain tenun sebagai ikon Kabupaten Muaro Jambi ,” pintanya.

Dirinya berharap kepada peserta dengan mengikuti pelatihan di Pekalongan ini, dapat meningkatkan wawasannya sehingga menghasilkan kain songket, batik dan kerajinan yang dapat bersaing dikancah nasional maupun internasional.(mas)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment