Pecal Mbah Sanggul Maknyus Hanya Jualan di Bulan Ramadhan

By Maas, S.H 07 Apr 2022, 12:02:44 WIB USAHA
Pecal Mbah Sanggul Maknyus Hanya Jualan di Bulan Ramadhan

Keterangan Gambar : Pecal Mbah Sanggul Maknyus Hanya Jualan di Bulan Ramadhan


Mediajambi.com -  Berbuka puasa dengan Pecal Mbah Sanggul, maknyuss. Dimakan dengan sayur sayuran saja, atau plus bakwan, tahu goreng lalu dilumuri kuah kacangnya, juga mantul. 

Harga per porsinya hanya Rp 15.000 dengan sayuran dan bumbu pecel terpisah. Sayurannya terdiri dari nangka muda, pepaya muda, daun singkong, kacang panjang, kol dan kangkung yang semua sudah direbus dan ditata rapi di atas tampah. Juga ada tahu goreng yang telah dipotong kecil kecil dan kerupuk. Sambal pecalnya terkenal pedas dan terasa bumbu kencurnya, tidak terlalu manis. Mereka yang mau membeli bumbu pecalnya saja juga bisa harganya Rp 100.000 perkilogram. 

Pecal Mbah Sanggul sudah terkenal sejak puluhan tahun dan hanya dijual di bulan Ramadhan saja. Mbah Mursinah (85) si penjualnya memiliki ciri khas ketika berjualan, yaitu menggunakan kain kebaya dan sanggul. Mbah biasanya berjualan di Pasar Beduk di Pasar Kota Jambi namun sejak pasar itu ditutup karena pandemi, mereka berjualan di sekitar kediamannya, di Kebon Kelapa Sulanjana Kota Jambi.

Baca Lainnya :

Tahun 2022 ini, mereka berjualan di Jalan Rangkayo Hitam, tepatnya di depan toko Sport tak jauh dari SMPN 9 Kota Jambi. Karena Mbah Mursinah sudah mulai tua, yang berjualan saat ini adalah anaknya, Salmiah dan adik adiknya. Mereka mulai berjualan sejak pukul 15.00 Wib hingga menjelang berbuka puasa. 

"Alhamdulillah sudah banyak yang tau kami berjualan disini.  Pak Walikota juga kemarin kesini membeli pecal ini, beliau juga langganan kami," kata Salmiah kepada Mediajambi.com, Rabu sore (6/4/2022). Mereka tidak berjualan di Pasar Beduk sejak pandemi, dan tahun ini juga memilih berjualan di dekat rumah karena tidak macet, pembeli tidak antri dan mudah dicari.

Pelanggan pecal Mbah Sanggul cukup banyak. Setiap hari mereka bisa menghabiskan bumbu pecal hingga 20 kilogram. Bumbu pecal ini mereka buat setiap hari dan hanya berjualan di bulan Ramadhan saja. (Lin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment