Pembuatan Bubur Ayak Jambi Raih Rekor Muri

By Maas, S.H 23 Sep 2022, 07:50:27 WIB USAHA
Pembuatan Bubur Ayak Jambi Raih Rekor Muri

Keterangan Gambar : Pembuatan Bubur Ayak Jambi Raih Rekor Muri


Mediajambi ini.com - Pembuatan bubur ayak yang dilakukan ratusan perempuan bertekuluk di Pelataran Rumah Dinas Gubernur Jambi,Kamis sore (22/9/2022) memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Acara itu tidak hanya diikuti 300 orang seperti direncanakan, namun melibatkan hingga 1.196 ibu ibu dengan antusias.

Rekor Muri  diserahkan Senior Customer Manager MURI,  Andre Purwandono SS pada acara pembukaan Festival Batanghari di pelataran Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis malam (22/9/2022). Piagam diterima oleh Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Ny Hj Hesty Haris didampingi Gubernur Jambi, H Al Haris. Pembuatan bubur ayak merupakan bagian dari agenda kegiatan Festival Batanghari 2022 yang digelar hingga 25 September mendatang. 

Menurut Andre, kegiatan pembuatan bubur ayak terbanyak ini belum pernah tercatat dalam MURI. "Setelah kami menilai, awalnya panitia mengajukan 

Baca Lainnya :

300 peserta namun setelah diverifikasi dan dinilai terhitung ada 1.196 peserta," paparnya. Hal ini menunjukkan katanya kegiatan ini tidak hanya didukung oleh pemerintah tetapi juga oleh masyarakat luas. "Kegiatan ini sangat luar biasa karena pembuatan bubur ayak ini dari budaya Jambi di bidang kuliner yang harus dipertahankan dan dilestarikan oleh generasi penerus," paparnya. 

Peserta membuat bubur ayam, berasal dari anggota Dharma wanita (DW) OPD Pemerintah Provinsi Jambi,  TP PKK Pemprov Jambi juga ormas perempuan lainnya

Ketua TP PKK Pemprov Jambi, Ny Hesnidar Haris mengatakan kegiatan ini bertujuan  agar generasi muda, tidak melupakan tradisi daerahnya. "Kita perlu viralkan makanan tradisional ini, karena anak muda sekarang lebih suka makanan luar," kata Hesty.

Bubur ayak merupakan makanan khas dari Kabupaten Sarolangun dan Merangin. Bubur ini terbuat dari adonan  tepung beras yang diayak menjadi mirip cendol yang dimakan bersama santan dan gula merah. 

Bubur ayak biasanya dibuat pada acara acara gotong royong, waktu menanam padi,  saat mendirikan rumah acara keramaian di kampung yang dibuat secara bersama sama. Bubur ayak memiliki rasa yang manis dan gurih, bisa disantap panas maupun dingin. Pengunjung acara Festival Batanghari bisa menikmati bubur ayak sepuasnya. (Lin)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment