Pemkot Sungai Penuh Siaga Bencana Erupsi Gunung Kerinci

By Maas, S.H 16 Jan 2023, 09:25:02 WIB DAERAH
Pemkot Sungai Penuh Siaga Bencana Erupsi Gunung Kerinci

Keterangan Gambar : Pemkot Sungai Penuh Siaga Bencana Erupsi Gunung Kerinci/f-mas


Mediajambi.com - Pemerintah Kota Sungai Penuh meminta kepada seluruh masyarakat  tetap siaga menghadapi erupsi Gunung Kerinci.

 Hal ini diungkapkan Walikota Sungai Penuh Ahmadi Zubir saat menghadiri Apel Siaga Bencana Erupsi Gunung Kerinci, yang berlangsung di lapangan Emplasemen PTPN VI Kayu Aro.

Apel siaga Gabungan menghadapi bencana erupsi gunung Kerinci tersebut dipimpin oleh gubernur Jambi Al Haris, dan diikuti Walikota Sungai Penuh, Bupati Kerinci, TNI, Polri, BPBD Provinsi Jambi, BPBD Kerinci, BPBD Kota Sungai Penuh, instansi dan relawan terkait.

Baca Lainnya :

Menurut Haris Gubernur Jambi, apel siaga tim gabungan tersebut dalam rangka kesiapsiagaan bencana erupsi Gunung Merapi di wilayah Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

"Apel gabungan ini, guna mempersiapkan personel yang akan bertugas ketika kemungkinan terjadi bencana erupsi Gunung Kerinci," kata Haris.

Menurut dia, kegiatan apel tersebut merupakan sinergi untuk menghadapi situasi Gunung Kerinci yang saat ini statusnya Fluktuaktif di status siaga level II. Sehingga resiko terburuk nantinya bisa kita antisipasi.

Pihaknya juga mengecek kesiapan personil apabila sewaktu-waktu Gunung kerinci meningkat aktivitasnya. 

"Kami siapkan petugas dari relawan, TNI/Polri, tim reaksi cepat (TRC) BPBD, petugas Dinas Perhubungan, Satpol PP dan instansi terkait lainnya, mereka selalu koordinasi dalam penanganan jika terjadi bencana.

Erupsi Gunung tertinggi di Sumatera ini membuat masyarakat yang ada di Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh was-was. Pasalnya jika Gunung Kerinci meletus maka akan berdampak pada kehidupan warga.

Ngadio (57) misalnya warga Desa Sangir, Kayu Aro mengatakan akibat erupsi tanaman kol dan kentang mulai diselimuti debu fulkanik. "Kita ya cemas, kalau meletus, erupsi begini juga sudah was-was," ucapnya.

Menurutnya wilayahnyalah yang paling terdampak bila ada erupsi.Tanaman sayuran mati oleh debu panas yang disemburkan gunung api ini.(mas)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment