Petani Cabe Merah di Sarolangun akan Dibantu Mulsa Plastik

By Maas, S.H 12 Des 2022, 14:17:14 WIB PERTANIAN
Petani Cabe Merah di Sarolangun akan Dibantu Mulsa Plastik

Keterangan Gambar : Petani Cabe Merah di Sarolangun akan Dibantu Musla Plastik


Mediajambi.com - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPHP) Kabupaten Sarolangun mengusulkan pemberikan bantuan musla plastik kepada petani cabe merah di beberapa kecamatan.

Kepala Dinas TPHP Sarolangun Dedy Hendri mengatakan, bantuan mulsa plastik sangat berguna bagi tanaman cabe. "Kalau untuk penanganan dampak inflasi kita dapat dari BTT, kemarin kita ada menyusun untuk memberikan bantuan mulsa plastik," kata Dedy, Senin (12/12/2022).

Dijelaskan Dedy, dalam penanaman cabe merah musla plastik diperlukan untuk menutupi tanah ketika akan melakukan penanaman.

Selain itu, untuk bantuan bibit cabe juga telah dilakukan pemerintah melalui anggaran APBN. "Jadi petani saat ini butuh mulsa, untuk mengurangi biaya pemeliharaan bagi petani, karena tidak perlu banyak rumput kemudian air menguap jadi sirkulasi udara," ujarnya.

Baca Lainnya :

Pemerintah Kabupaten Sarolangun, telah menganggarkan Rp 4,4 miliar untuk penanganan dampak inflasi.

Sementara itu, untuk pengadaan bantuan musla plastik tersebut, pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 56 juta. "Kita berikan kepada beberapa kelompok petani seperti di Desa Rantautenang dan Desa Tinting di Kecamatan Singkut, Kecamatan Pelawan dan Kecamatan Mandiangin juga,” ungkapnya.

“Memang tanam cabe tidak banyak orang punya keahlian, keseriusan dan kesungguhan diperlukan dan investasinya besar nanam cabai, alhamdulillah ada beberapa setiap tahun dia menanam cabe," tandasnya.(**/mas)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment