Taman Putri Pinang Masak Kota Jambi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang Tak Hijau

By Maas, S.H 25 Jan 2023, 08:42:31 WIB KOTA
Taman Putri Pinang Masak Kota Jambi  Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang Tak Hijau

Keterangan Gambar : Taman Putri Pinang Masak Kota Jambi Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berlokasi di eks Pasar Angso Duo lama/-lin


Mediajambi.com - Kawasan Pasar Angso Duo lama di Jalan Sultan Thaha Jambi kini sudah disulap menjadi sebuah taman, namanya Putri Pinang Masak Park. 

Kawasan di pinggir Sungai Batanghari itu dalam konsepnya adalah Ruang Terbuka Hijau (RTH), namun hingga usai dibangun awal Januari 2023 ini areal ini masih terlihat  gersang. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikan pepohonan yang ditanam di kawasan itu tumbuh subur dan menghijau. 

Bahkan area untuk berteduh belum tersedia, jika hari hujan atau panas terik.

Baca Lainnya :

Pantauan Mediajambi.com meski Taman itu belum selesai dibangun, namun sudah banyak masyarakat yang penasaran datang kesana. Sementara pekerja masih menyelesaikan pembangunan RTH diatas tanah seluas 4,7 hektar itu. Taman itu dibangun dengan biaya APBD tahun anggaran 2021 di Dinas PUPR Provinsi Jambi sebesar Rp 36 miliar. Saat ini pembangunannya dinyatakan selesai dan dalam tahap pemeliharaan. 

Namun pantauan di lapangan, taman di  eks Pasar Tradisional Angso Duo itu Minggu (22/1/2023), pembangunan masih belum rampung. 

Sejumlah tukang masih bekerja di beberapa sudut taman, memasang ornamen ornamen bangunan, memasang instalasi listrik bahkan banyak tanah yang belum dikonblok sehingga becek tertimpa hujan.

Pohon pohon dan kembang masih baru ditanam. Salah satu jenis kembang yang ditanam adalah Bunga Jengger Ayam, atau bayam bayaman. Tanaman ini merupakan tanaman semusim namun cukup mudah tumbuhnya. 

 Di beberapa sudut jalan, konbloknya sudah pecah pecah. Tidak terlihat adanya parit parit atau drainase tempat pembuangan air terlebih jika hujan. Di beberapa bagian terlihat tanah masih becek. Taman itu dilengkapi dengan miniatur kapal, ornamen Angso duo, papan panjat tebing, arena bermain skateboard, mesjid bergaya Ka'bah dan bangunan los memanjang untuk berjualan. Pintu masuk bernuansa candi Muara Jambi namun areal parkir belum dibangun permanen. Jalan di depan areal taman masih becek dan belum dibenahi.

Kadis PUPR Provinsi Jambi, M Fauzi mengatakan pagu anggaran taman itu  sebesar Rp 35 miliar, dengan sistem pembangunannya tahun tunggal bukan multi years. "Diharapkan tahun ini selesai," katanya kepada wartawan awal Januari tahun 2022 lalu.

Taman ini juga akan menjadi Objek Wisata Jambi dengan desain Ruang Terbuka Hijau (RTH). Didalam Taman Putri Pinang Masak tersebut akan dibangun sebuah Tugu Angso Duo yang dikelilingi air dan bunga berwana warni. (Lin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment