Pangdam II Sriwijaya Kunjungi Agrowisata Tekno 44 Korem 044 Gapu di Banyuasin

By Maas, S.H 04 Des 2022, 19:18:17 WIB Nasional
Pangdam II Sriwijaya Kunjungi Agrowisata Tekno 44 Korem 044 Gapu di Banyuasin

Keterangan Gambar : Pangdam II/SriwijayMayjen TNI Hilman Hadi mengunjungi lokasi Agrowisata Tekno 44 di Desa Gelebek Dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (4/12/2022)/ist


Mediajambi.com - Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P M.B.A. M.Han mengunjungi lokasi Agrowisata Tekno 44 di Desa Gelebek Dalam Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Minggu (4/12/2022).


Baca Lainnya :

Kunjungan dirangkai acara Fun Adventure Agrowisata ini sekaligus untuk memantau progres Agrowisata yang digagas oleh Korem 044/Gapo bekerja sama dengan masyarakat Desa Gelebak Dalam Kecamatan Rambutan Banyuasin.

Turut hadir, Kapolda Sumsel Irjen Albertus Rachmad Wibowo, Para Asisten Kasdam II/Swj, Para Kasi Kasrem 044/Gapo, Para Kabalakrem 044/Gapo, Dandim 0430/BA Letkol Czi Agus, Dir Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol Iskandar F Sutisna, Dir Samapta Kombes Pol Juwito, Rektor Universitas Bina Darma Palembang, Dekan Universitas Palembang, Para Kepala Dinas di Lingkungan Provinsi Sumatera Selatan, Tokoh Masyarakat Sumatera Selatan, Para Duta Gindri BKKBN, Mahasiswa Poltek UNSRI ,serta Komunitas Off-Road Palembang.

Mengawali acara kunjungan Pangdam menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada keluarga Stunting dan pemberian sembako kepada masyarakat kurang mampu, dilanjutkan pelepasan burung merpati.

Selanjutnya, Pangdam II/Swj beserta rombongan menuju lokasi tanaman Holtikultura Komplek untuk meninjau Produk Tekno Karya Mahasiswa bekerjasama dengan masyarakat dan Korem 044/Gapo.

Sejumlah hasil pertanian yang meliputi, tanaman serelea padi, jagung dan sargum hortikultura buah-buahan sudah ditanam di lahan tersebut. Termasuk hasil perkebunan meliputi pembibitan tanaman seperti tanaman pinang Batara dan tanaman kayu-kayuan. Selain itu juga ada perikanan yang meliputi metode kolam Bioflok, mina padi, jenis lele, patin dan nila.

Kawasan agrowisata ini juga dilengkapi peternakan, yang meliputi sapi, kambing dan ayam. Selain itu, ada juga spot foto, taman bunga dan wahana permainan, outbound serta teknologi Bios 44 Bioflok ikan, panel tenaga surya untuk perairan di taman sayur.

Dari laporan yang diterima dilapangan, hasil kerja keras masyarakat Desa Gelebek sudah menghasilkan berupa panen padi, sayur-sayuran, panen ikan, dan tanaman hidroponik lainnya.

Menurut Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi, Economic development ini mempunyai dampak sangat luar biasa dan itu sudah banyak hasil yang dilihat dan menggambarkan pentingnya kolaborasi. “Saya melihat inilah yang terjadi di semua kementerian, lembaga masyarakat, elemen masyarakat punya program yang luar biasa sehingga kolaborasi diharapkan sebagai Pilot Project dengan memaksimalkan elemen sumberdaya yang luar biasa”, kata Pangdam.

Sementara itu, Danrem 044/ Gapo Brigjen TNI Naudi Nurdika, memperkenalkan konsep Teknologi Smart System dengan menggunakan sistem ITE . Revitalisasi lahan terlantar atau lahan non produktif mutlak harus dilakukan. "Saat ini dikembangkan konsep pemanfaatan lahan terlantar atau lahan produktif dengan mekanisme revitalisasi untuk menjadikan sebagai percontohan produktif bagi lahan pertanian, perikanan, perkebunan dan pengolahan air bersih serta memperkenalkan Teknologi Smart System dengan menggunakan ITE," jelas Brigjen TNI Naudi Nurdika.(rilis/Lin)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment