Rudi Hartono Menderita Lumpuh, Tak Mampu Biayai Pengobatan

By Maas, SH 28 Agu 2021, 20:04:54 WIB RAGAM
Rudi Hartono Menderita Lumpuh, Tak Mampu Biayai Pengobatan

Mediajambi.com- Rudi Hartono (34) warga Tambak Sari RT.18 Kelurahan Tambak Sari Kecamatan Jambi Selatan, menderita lumpuh, pasca terperosok ke lubang drainase lima bulan lalu. Kini dia hanya bisa terbaring lemah tidak bisa berjalan normal kembali.

Saat Mediajambi.com menyambangi rumah kontrakannya, Jum,at (27/8/2021) sore,  pekerja serabutan itu tengah terbaring  ditemani sang ayah, yang mengurusnya. Adiknya yang merupakan tulang punggung keluarga itu bekerja di sebuah toko.

"Sudah lima bulan lebih saya  menahan sakit, sudah dibawa ke tukang urut namun masih sakit. Saya ke rumah sakit, dan harus dioperasi, namun Kartu Sehat saya tidak  menanggung biaya operasi," katanya lemah sembari berbaring di atas tikar di sudut rumahnya.

Menurut Rudi  yang sehari hari bekerja secara serabutan itu, sakit lumpuh dialaminya saat bekerja membersihkan drainase di dekat rumahnya. Karena hari hujan dia bergegas keluar dari drainase itu namun kaki kirinya terperosok di lobang drainase dan membuat sendi dengkulnya lepas. Dia lalu berobat di tempat urut di patah tulang di daerah Pemancar Telanai namun tak sembuh.

"Kaki saya  tak kunjung sembuh, semakin hari semakin bengkak," katanya. Menggunakan  Kartu Indonesia Sehat yang dimilikinya, dia  berobat di sebuah  klinik. "Dokter mengatakan  engsel dengkul patah dan harus di operasi. Tapi kartu KIS tidak menaggung biaya operasinya," katanya sedih.

Dia mengaku  bingung mau mencari uang dimana untuk mengobati kakinya. "Saya butuh uang untuk operasi sekitar Rp. 40 jutaan," ujarnya. Jangankan untuk operasi untuk makan sehari hari dia harus menggantungkan hidup dengan adiknya yang bekerja sebagai pegawai toko.  Saat ini untuk mandi dan berjalan saja dipapah oleh ayahnya,Baharudin. "Saya berharap sekali bantuan dari bapak Walikota Jambi Fasha dan Wakil Walikota Jambi Maulana," harap Rudi. (yen)