Kantongi Nama Sekda Terpilih, Fasha : Pekan Depan Akan Dilantik

By Maas, SH 24 Nov 2021, 07:07:21 WIB KOTA
Kantongi Nama Sekda Terpilih,  Fasha : Pekan Depan Akan Dilantik

Keterangan Gambar : Walikota Jambi H SY Fasha Kantongi Nama Sekda Terpilih,Pekan Depan Akan Dilantik


Mediajambi.com- Tahapan pemilihan Sekretaris Daerah Kota Jambi sudah selesai. Pada pekan depan akan diumumkan langsung oleh Walikota Jambi Syarif Fasha siapa Sekda yang akan membantunya dalam mejalankan roda perintahan Kota Jambi.

Saat dikonfirmasi Fasha mengatakan, ada tiga metode yang dilakukan pihaknya dalam pemelihan Sekda Kota Jambi kali ini.

Dijelaskan Fasha, pemilihan Sekda Kota Jambi dimulai dengan asesmen yang dilakukan di Provinsi Riau, kemudian dilanjutkan dengan wawancara dan pembuatan makalah, metode akhir yakni dilakukan polling setelah keluar hasil 3 besar.

“Insya Allah minggu depan akan saya akan umumkan langsung, bisa saja saya lantik langung. Yang pasti saya belum bisa menyampaikan sekarang siapa. Tetapi sudah ketahuan hasilnya semua,” katanya, kemarin (24/11).

Pada metode polling sebut Fasha, pihaknya mengambil responden dari seluruh pejabat eselon IIIa, eselon IIIb, eselon II serata camat dan lurah dilingkup Pemerintah Kota Jambi. “Dari hasil itu sudah terlihat angka. Siapa dari tiga besar ini yang akan dipilih,” sebutnya.

Diketahui, peserta yang masuk tiga besar lelang jabatan sekda Kota Jambi yakni Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Jambi, Drs. H. A. RIDWAN, M.Si yang mendapat nilai 89,43. Nilai itu menempatkannya sebagai urutan pertama. Urutan kedua adalah  DR. H. ARDI, SP, M.Si, yang saat ini menjabat sebagai kepala dinas lingkungan hidup, dirinya mendapatkan perolehan nilai sebesar 88,19. Selanjutnya di urutan ketiga adalah M. SALEH RIDHO, S.STP, ME, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi. Dirinya mendapatkan perolehan nilai sebesar 87,78.

Hal itu tertuang dalam berita acara hasil penilaian keseluruhan tahapan Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Jambi Nomor 50/PANSELJPT PRATAMA/KOTA JAMBI/2021 dan surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor : B-3705/KASN/10/2021 tanggal 22 Oktober 2021 tentang Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka JPT Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Jambi, maka Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Jambi Tahun 2021 dengan ini menyampaikan nama - nama peserta yang masuk peringkat 3 (tiga) besar dari keseluruhan tahapan seleksi.

Nama- nama tersebut disampaikan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) untuk dipilih  salah satu yang akan ditunjuk sebagai pejabat definitif melalui penetapan dan pelantikan setelah mendapatkan persetujuan dan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sementara sebelumnya, Ketua Pansel Lelang Jabatan Sekda Kota Jambi Profesor, Syamsurizal Tan mengatakan peringkat nilai asessment memang berbeda. Untuk penentuan bobot nilainya yakni diambil dari hasil asessment 45 persen dan 55 persen dari wawancara. "Kita transparan," katanya.

Dia menambahkan, nama-nama tiga besar tersebut diserahkan kepada Walikota Jambi, dan nantinya dilaporkan ke Gubernur Jambi dan dikirim ke KASN. “KASN biasanya akan melihat  kalau-kalau dari nama tiga besar itu ada yang melanggar. Mungkin ada yang disidik, diselidiki. Tidak korupsi dan lainnya. Terlepas dari pengamatan kita. KASN mempunyai kewenangan untuk melihat itu. Yang harus diingat bahwa 1 Desember sudah harus ada Sekda baru,” katanya. (Yen)